Sabtu, 31 Januari 2015

Penerapan Pelajaran Kewirausahaan Ala Siswa/I SMKN 3 MATARAM



 
Kalau biasanya yang sering kita lihat masuk ke SMKN 3 MATARAM  sambil menjajakan produknya berupa kue, puding, roti dan lain sebagainya adalah siswa/I dari sekolah tetangga SMKN 4 MATARAM, namun mulai tahun ajaran baru 2014/2015 ini siswa/I langsung mempraktikkan bagaimana cara berwiraswasta yang sebenarnya dengan langsung menjual produk yang telah mereka buat berupa kue, puding, jelly, resoles dan lain sebagainya.


Praktik langsung ini di sesuaikan dengan kurikulum 2013 atau biasa disebut dengan kurikulum K13, dimana pada kurikulum K13 mata Pelajaran Kewirausahaan (KWN) ini siswa diajarkan langsung kelapangan untuk mempraktikkan ilmu yang telah diterima dari guru di ruang kelas.

Dengan adanya praktik langsung ini terlihat siswa lebih bersemangat dan sangat antusias sekali menjajakan hasil karya kepada setiap guru yang ada diruang guru maupun yang ada di lapangan dan tidak lupa juga mereka menawarkannya kepada sesama siswa di lingkungan sekolah.

Terpancar rona kegembiraan pada setiap siswa/I yang hasil dagangannya sudah habis terjual dan akan semakin gembira lagi manakala menghitung jumlah keuntungan yang mereka raih bersama. (Alfuad Gapuki)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar