Rabu, 04 Februari 2015

Pembuatan Saklar Bunga di Madrasah Addiinul Qayyim Kapek Gunungsari Lobar

Kalau Cuma membeli saklar Listrik di toko yang modelnya bervariasi semua orang bisa asalkan ada uang tapi kalau memodif dan membuat fungsi saklar yang berbeda, belum tentu semua orang bisa dan kalau membuatnya pun membutuhkan pendamping/instruktur untuk bisa membuat Saklar Bunga ini.

Pada jurusan MIPA kelas XII terdapat mata pelajaran Pendidikan Dasar Ketrampilan Elektronika dan untuk proyek santri pada semester ini membuat saklar bunga dan saklar gantungan kunci tapi kebanyakan santri justru membuat saklar bunga saja.
Pembuatan saklar bunga maupun saklar gantungan kunci ini prinsipnya sama dan bahan utama yang digunakanpun sama dan yang berbeda Cuma cara mengaktifkan komponen elektornikanya saja.
BAHAN YANG DIGUNAKAN :
1.Limit Switch atau Microswitch.
2.kabel
3.fiting lampu
4.tusuk kontak.
5.vas bunga
6.bunga kertas
7.sedotan air gelasan
8.lem G
CARA MEMBUATNYA:
1.Baca Bismillaahirrohmaanirrohim terlebih dahulu
2.Potong di tengah kabel yang warna merah saja (kabel saluran Fasa) dan kabel yang warna Hitam dibiarkan seperti semula.
3.Sambung kabel saluran fasa yang sudah di bagi pada Limit Switch tadi dengan solder. Ujung satu(b) disambung ke kontak COM dan ujung yang satunya lagi(c) di sambung ke kontak NO ataupun NC tergantung selera masing-masing.
4.setelah disambung kemudian masukkan Limit switch tadi kedalam Vas Bunga dan atur posisinya agar mudah di fungsikan sesuai dengan gambar di bawah.
5.setelah pengaturan selesai kemudian keluarkan ujung kabel saluran fasa (a) dan (d) serta kedua ujung kabel hitam saluran Netral melalui lubang yang sudah dibuat(lebih baiknya lubang pada vas bunga dibuat di bawah).
6.pasang tusuk kontak dan fiting lampu pada kabel.
7.kalau sudah berhasil ucapkan ALHAMDULILLAH.
Demikianlah cara pembuatan dari saklar bunga yang dilaksanakan oleh santriwan/santriwati kelas XII MIPA tahun 2014 ini dan bila ada yang masih belum paham silahkan bertanya bisa lewat kolom komentar ataupun lewat FB (Alfuad Gapuki).











Tidak ada komentar:

Posting Komentar