Selasa, 03 September 2013

SIMULASI SOFTWARE CX-0NE V8.10 UNTUK BELAJAR PLC OMRON


Programmable logic controller(PLC) sudah lama diperkenalkan dan di ajarkan bagi siswa/I di SMKN 3 MATARAM. Pelajaran PLC ini dulunya hanya di ajarkan bagi jurusan TITL(Teknik Instalasi Tenaga Listrik) namun kurang maksimal dikarenakan masih sebatas perkenalan saja dan sekarang di jurusan TEI(Teknik Elektronika Industri) pelajaran PLC mendapatkan porsi yang besar sehingga di harapkan siswa/I TEI mampu menguasai dan memahami penggunaan daripada PLC.


Untuk mempermudah siswa/I dalam memahamai pelajaran PLC maka perlu diberikan pemahaman yang sedetail mungkin tentang bagaimana PLC itu. Dan agar siswa/I dapat belajar sendiri memperaktikan apa yang telah di ajarkan disekolah maka siswa/I perlu memiliki suatu program simulasi PLC yang mudah dalam pengoperasiannya. Penulis sudah mencoba berbagai macam software simulasi PLC namun terasa pas buat siswa/I sehingga pilihan penulis jatuh pada software CX-one versi 8.10(menyesuaikan dengan PLC yang ada di sekolah).


Adapun langkah-langkah penggunaan software CX-one omron sebagai berikut.
1.instal software CX_ONE terlebih dahulu hingga selesai(cara instalnya sama seperti software-software yang lain).
2.klik START kemudian pilih OMRON pilih CX_ONE pilih CX-Programmer pilih lagi CX-Programmer.  
3.untuk membuka lembaran baru maka klik File kemudian pilh NEW atau klik icon NEW. Pada kota Device Type pilih CPIL dengan cara mengklik tanda panah ke bawah. Kemudian klik OK.
4.sekarang saatnya memulai membuat program Leader menjalankan motor beserta penguncinya pada lembar kerja, klik kontak NO kemudian taruh pada kotak yang berwarna biru muda, isikan nilai 0 untuk nomor kontak 0.00 pada kolom New Contact dan tuliskan keterangan apapun kalau itu di butuhkan pada kolom Edit coment.  Setelah selesai klik OK.
5. klik simbol kontak NC kemudian taruh pada kotak yang berwarna biru muda, isikan nilai 1 untuk nomor kontak 0.01 pada kolom New Contact dan tuliskan keterangan apapun kalau itu di butuhkan pada kolom Edit coment.  Setelah selesai klik OK.
6. klik simbol Output kemudian taruh pada kotak yang berwarna biru muda, isikan nilai 1000 untuk nomor output 10.00 pada kolom New Coil dan tuliskan keterangan apapun kalau itu di butuhkan pada kolom Edit coment.  Setelah selesai klik OK.
7.buatkan rangkaian pengunci atau rangkaian interlocking dengan cara mengklik icon garis vertikal kemudian klik pada leader kontak NO hingga timbul garis vertikal
8. buatkan rangkaian pengunci atau rangkaian interlocking dengan cara klik kontak NO kemudian taruh pada kotak yang berwarna biru muda, isikan nilai 1000 untuk nomor kontak 10.00 pada kolom New Contact dan tuliskan keterangan apapun kalau itu di butuhkan pada kolom Edit coment.  Setelah selesai klik OK.
9.klik END yang ada disebelah kiri sebagai tanda berakhirnya pembuatan Leader hingga tampil leader END seperti di bawah
10.untuk melihat kembali Leader yang telah di buat tadi maka bisa dengan cara mengklik SECTION1 yang ada disebelah kiri. Kemudian klik ikon Work Online Simulator
11.warna hijau pada program Leader yang telah di buat menandakan program telah siap bekerja pada program simulasinya.
12.untuk menjalankan program yang telah dibuat, klik kanan pada kontak NO yang dijadikan star kemudian klik SET dan pilih ON untuk mengaktifkannya dan pilih OFF untuk menghentikannya. Demikian juga diterapkan pada kontak yang lain sesuai program yang dibuat.
 
13.untuk meresetnya kembali klik ikon Work Online Simulator.
14.selamat mencoba dan semoga sukses. Bila ada yang perlu dipertanyakan bisa menghubungi penulis di Jurusan TEI SMKN 3 MATARAM NTB. (Alfuad Gapuki)

TUNGGU TULISAN TENTANG PLC SELANJUTNYA……

























7 komentar:

  1. salam kenal pak ,postingan artikel nya bagus pak utk mencerdaskan anak bangsa minimal utk bisa berwiraswasta/profesional.dan saya pak juga tertarik utk belajar plc bidang kerja saya listrik dan elektronik dan selama ini saya mencari software cx-one di internet tapi satu pun tak ada yg mau berbagi .utk itu saya mohon pak bagi sama saya software cx-one nya saya sangat tertarik belajar plc, terimakasih

    BalasHapus
  2. coba buka link ini,dulu sy dapat softx dari sini http://sofplc1.blogspot.com/2008/11/download-software-plc.html
    mudah"an bermanfaat.

    BalasHapus
  3. Salam Kenal Gan... Artikelnya sangat bermanfaat dan membuat org jadi lebih tau tentang dunia automation :)

    thanks Training PLC Siemens

    BalasHapus