Kamis, 22 Januari 2015

KEHIDUPAN SORE DI SUNGAI JANGKOQ

Mencari tempat bersantai yang dekat dengan rumah setelah selesai melakukan aktivitas sepanjang hari pada saat sekarang ini rada-rada sulit, tidak seperti pada tahun 80-an yang masih banyak kita temukan lahan kosong yang bisa di jadikan tempal berkumpul sambil melepas lelah maupun tempal bermain anak-anak kecil. Tapi pada saat sekarang ini yang namanya lahan kosong sudah langka sekali di temukan sehingga alternatif yang bisa di pakai untuk berkumpul adalah taman kota maupun hutan kota yang sengaja di buat oleh pemerintah kota.

Lain halnya dengan sebagian masyarakat yang ada di pinggir sungai jangkoq, mereka memanfaatkan fasilitas di pinggir sungai jangkoq yang gratis dan luas. Mereka sendiri yang menciptakan tempat bersantai, jualan dan olah raga. Hal seperti ini bisa di lihat setiap sore hari di pinggir sungai jangkoq di Lingkungan Gapuk Kelurahan Dasan Agung. Masyarakat sekitar pinggir sungai sangat memanfaatkan lahan yang kosong untuk di jadikan tempat berkumpul, olahraga maupun jualan. Tumpukan pasir yang akan di jualpun bisa di sulap menjadi warung dadakan yang menyediakan snack maupun pelecing kangkung khas Lombok.
Tidak peduli dengan tumpukan sampah, kotoran hewan maupun limbah rumah tangga yang menggunung yang di buang di atas sungai maupun di sungai itu sendiri, masyarakat sekitar sungai jangkoq tak ambil peduli yang pentik asyik dan happy.
Anak-anak kecilpun asyik bermain di sungai yang penuh dengan sampah, keceriaan tampak terlihat pada wajah mereka. Yang tidak bermain di sungai biasanya akan melakukan permainan berupa PERESEAN maupun bermain sepak bola. Sedangkan yang tidak melakukan permainan akan berkumpul sambil bercanda ria bersama teman-temannya di pinggir sungai jangkoq.
Membayangkan aliran sungai jangkoq bersih dari segala macam sampah, “bagaikan punguk merindukan bulan”. Kebersihan sungai jangkoq bisa terwujud asalkan ada kesadaran dan peran serta masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. (Alfuad Gapuki

kumpulan foto yang laen bisa dilhat pd link  http://papuqfotografi.blogspot.com/2012/04/foto-kehidupan-sore-di-sungai-jangkoq.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar