Kamis, 31 Mei 2018

Jamaah I'tikaf dan Kerja Lembur Panitia Takjil MRHW IC NTB

Ada jamaah yang lebih membutuhkan takjil maupun Nasi Kotak yang disumbangkan oleh para Donatur namun keberadaan mereka sedikit sekali yang mengetahui padahal  mereka benar-benar ada di Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center NTB.


Mereka adalah para Jamaah i'tikaf yang mulai  malam ke-14 menginap di Masjid dan mereka terdiri dari para pelajar,  orang dewasa dan orang tua. Mereka menginap di Masjid dengan niat karena Alloh agar bisa sholat Malam/sholat Tahajud,  sahur bareng dan sholat shubuh berjamaah.

Niat mereka sangat bagus dan mereka tidak mengumbarnya di medsos agar diketahui oleh orang, namun begitu ada salah satu panitia yang tahu dan peduli akan keberadaan para jamaah ini sehingga ia berinisiatif untuk  mengantarkan Nasi kotak yang sengaja dipersiapkan untuk para jamaah i'tikap ini. Hal ini dia lakukan karena belajar dari pengalaman Ramadhan tahun kemarin dan melihat bekal yang dibawa oleh para jamaah ini yang hanya apa adanya dan malah ada jamaah yang hanya membawa dirinya sendiri tanpa ada bekal untuk santap sahut.

Rasa kepedulian salah satu panitia ini penulis coba buktikan dan mengikuti langsung sambil membawa kotak nasi yang akan diberikan kepada para jamaah I'tikaf ini dan waktu untuk mengantarkan nasi kotak sekitar jam 12.00 WITA. 

Dan kami memulai memberikan nasi kotak ini dari sayap selatan lantai 2 dan kami mendapatkan 5 orang pelajar yang lagi berdiskusi dan 2 orang temannya yang masih berada di bawah. Kemudian dilanjutkan ke sayap timur dan kami menemukan  seorang jamaah yang lagi sholat dan kami tanya "apakah akan menginap di masjid?" dia menjawab "tidak menginap".  karena tidak akan menginap maka kami tidak memberikan nasi kotak dan nasi kotak kami berikan ke seorang jamaah di sebelah utaranya yang lagi tidur tanpa memberitahukannya. Kemudian kami menuju ke sayap utara, disini kami menemukan seorang jamaah wanitavyang sudah tua tidur sendirian di dinding paling utara dan kami taruhkan nasi kotak di samping. lalu lanjut ke barat dan kami melihat ada 7 orang jamaah yang lagi tidur dan begitu kami mau taruhkan nasi kotak ada salah seorang yang terbangun dan kami beritahukan kalau nasi yang kami bawa kurang dan kami harapkan agar pada saat sahur nasi bisa berbagi nasi kotak dengan adil.

Lihat jamaah para wanita ini, hati kami  jadi terenyuk dan ga tega melihatnya dan untuk memfotonya pun kami ga tega. mungkin kalau ada yang mau membuktikannya silahkan datang mulai jam 12.00 WITA lalu berkelilinglah mulai dari kantai dua hingga lantai ketiga dan mudah-mudahan bisa mengambil hikmahnya darivapa yang akan dilihat.

Program untuk i'tikaf dan sholat Tahajud yang akan di laksanakan oleh Takmir MRHW IC NTB sendiri akan dilaksanakan mulai malam Ramadhan yang ke-16 hingga malam yang ke-26 yang waktunya mulam jam 02.00 WITA hingga waktu sahur dengan pelaksanaan rakaat sholatnya sebanyak 8 rakaat dengan 2 rakat sekali salam dan bacaan imamnya  rencananya 2 juz tiap malam,  1 juz setiap 4 rakaat.  bisa bayangkan bagaimana nanti uenak dan nikmatnya sholat tahajud ini. ini belum seberapa bila dibandingkan dengan sholat taraweh di kediaman salah seorang syekh di mesir yang melaksanakan sholat Taraweh di mushollanya dengan menggunakan 15 juz.

Memang terasa berat kalau baru pertama kali tapi kalau niat kita sudah kuat karena Alloh maka Insya Alloh kita akan di mudahkan dan diringankan untuk melaksanakan sholat Tahajud itu.  Memang benar kata orang kalau untuk kebaikan itu terasa berat sehingga hadiahnya Surga tapi kalau terasa ringan hadiahnya seterika. .:) Walloohua'lam

Gapuk Dasan Agung, 20180531 05.00 WITA  by.  Alfuad Gapuki Alfuad gapuki

1 komentar:

  1. masyaallah, semoga kita semua dapat mengikuti shalat tahajjut berjamaah di masjid raya hubbul wathan IC NTN

    BalasHapus