Jumat, 24 Juli 2015

PraMOPD Hari Pertama SMKN 3 Mataram Tanpa Aksesoris Yang Aneh



Hari pertama kegiatan pra Masa Orientasi Peserta Didik(MOPD) di SMKN 3 Mataram sudah mulai terlihat ada perubahan dengan berkurangnya penggunaan aksesoris yang tidak jelas maksud penggunaannya bagi siswa baru. Hal ini dilakukan oleh panitia MOPD dengan maksud untuk menyesuaikan dengan perubahan jaman dan mengikuti peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor  55 tahun 2014.


Adapun perlengkapan yang digunakan para siswa baru ini berupa :
1.Topi sekolah, untuk melindungi siswa baru dari terik panas ketika berada di lapangan
2.Papan Nama, untuk mengetahui nama siswa, kelompok, kelas dan nomor siswa
3.baju olah raga masing-masing jurusan
4.Dot Bayi, untuk melatih siswa agar bisa diam ketika ada orang tuan/guru berbicara
5.tali plastik sepatu, untuk penyeragaman penampilan menggunakan sepatu


Pelaksanaan praMOPD ini dilakukan dalam dua tahap yaitu tahap pertama pagi hari dari jam 07.00 – 11.30 WITA dan pada siang hari jam 13.00 17.00 WITA

Pada pagi hari di isi dengan kegiatan dasar baris berbaris dan bela negara. Terlhat para siswa baru bersemangat mengikuti instruksi dari alumni SMKN3 Mataram yang menjadi TNI AD. Kenapa untuk kedisiplinan siswa di pilih langsung dari TNI AD? Pihak sekolah mengharapkan para siswa setelah selesai MOPD menjadi seorang yang berdisiplin tinggi agar tidak malas dan bisa menyelesai sekolah dengan prestasi yang membanggakan.

Untuk siang hari setelah selesai dikumpulkan dilapangan  siswa baru dimasukkan diruangan yang sudah ditentukan kemudian diisi dengan kegiatan hiburan yang atraktif. Mendekati waktu pulang, siswa baru dikumpulkan kembali dilapangan kemudian diberikan tugas untuk dibawa besok pagi berupa beras ukuran botol plastik minuman 500 mL dan “minuman mini the pooh”.

Beras dan minuman yang dibawa oleh siswa baru rencananya akan disumbangkan kepantai asuhan dan pantai jompo yang ada di Kota Mataram.


Semoga kegiatan praMOPD dan MOPD nanti tetap lebih baik, mendidik dan kreatif agar siswa baru paham akan manfaat diadakannya MOPD bagi dirinya sendiri dan bila kelak dia menjadi panitia MOPD bisa meneruskan cara-cara yang mendidik dan kreatif ini. Aamiin.


Dasan Agung 20150724 07:30 WITA  (Alfuad Gapuki

NB:
Perlengkapan no 4 dan 5 masih jadi tanda tanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar