Sabtu, 28 Mei 2016

Mengenang Team Qasidah Kebanggaan SMKN 3 Mataram




Sekolah Menengah Kejuruan  Negeri 3 Mataram(SMKN 3 Mataram) yang dulu bernama Sekolah Teknologi Menengah Negeri(STM) Mataram merupakan sekolah teknik yang pertama di Nusa Tenggara Barat(NTB). Walaupun bercirikan teknologi namun bukan berarti para guru, karyawan dan siswanya tidak punya selera seni justru dibalik keteknologiannya itu tersimpan banyak misteri.


Salah satu misteri itu adalah adanya team Kasidah guru maupun siswi yang cukup fenomenal pada waktu itu yang mampu menghibur para guru dan siswa/siswi SMKN 3 Mataram dalam setiap moment yang diadakan oleh sekolah . Team Kasidah ini dibina langsung oleh ibu Siti Hajar seorang guru Agama Islam.

Dari team Kasidah guru dan karyawan yang pernah didokumentasikan oleh Pak Syaifuddin (Vedo) tahun 2003 tampak jelas bagaimana para guru dan karyawan bersemangat tampil dalam setiap moment di sekolah baik pada saat acara keagamaan dharma wanita maupun peringatan hari besar Islam. Personel Team Kasidah ini terdiri dari B Kartini(TU), Bu Endang(MTK), Bu Nisa(FISIKA), Bu N Kus (perpus), Bu Lazuardi(Agama Islam), Bu Sri Rahyu(Sejarah) dan Bu Khumairo(MTK) dan sebagai penyanyinya bu Khumairo dan Bu Lazuardi.  

cikal bakal terbentuk team Kasidah ini sekitar tahun 2000 dan  mulai menampilkan diri di khalayak ramai pada saat moment keagaam sekitar tahun 2001 saat kepala sekolah dijabat oleh Bapak Drs. Syukran. mengetahui team kasidah guru ini mau tampil, kepala sekolah langsung meresponnya dengan memberikan dana buat seragam sekaligus peralatan kasidah terbaru dan peralatan kasidah itu sampai sekarang masih disimpan rapi di Musholla Al Hikmah SMKN 3 Mataram.

Pada team Kasidah siswi sendiri tiap angkatan selalu ada team Kasidah yang dibentuk dan team Kasidah ini selalu tampil juga pada tiap ada moment keagamaan disekolah maupun pada saat perpisahan kelas 3. Hal ini terlihat pada dokumentasi team Kasidah angkatan 1995 saat tampil pada acara perpisahan kelas 3 yang berhasil dikumpulkan oleh pak Syaefuddin, SE.

Entah sudah berapa tahun terakhir team Kasidah kebanggaan keluarga besar SMKN 3 Mataram ini tidak pernah tampil lagi dalam setiap moment keagamaan maupun moment-moment yang lain. Hal ini perlu menjadi perhatian serius dari pihak sekolah untuk menghidupkan kembali team Kasidah kebanggaan SMKN 3 Mataram itu.

Mudah-mudah di awal tahun ajaran baru 2016/2017 nanti team Kasidah guru maupun team Kasidah siswi kembali bangkit dari tidur panjangnya. Aamiin.

Dasan Agung, 20160528  17.00 WITA (Alfuad Gapuki)
B Kartini, Bu Endang, Bu Nisa, Bu N Kus, Bu Lazuardi, Bu Sri Rahyu dan Bu Khumairo.(2008) 
  
team kasidah angkatan 1995
acara perpisahan tahun 1996

Tidak ada komentar:

Posting Komentar