Rabu, 18 Mei 2016

Jangan Bantu Siswa Menyontek



Rasanya hati ini tidak karuan mendengar jawaban salah seorang pelajar Sekolah Dasar (SD) kelas VI yang baru menyelesaikan Ujian Nasionan (UN) hari pertamanya, dia menceritakan dengan bahagianya bagaimana salah seorang oknum gurunya memberikan jawaban soal dengan cara menyebut  nomor soal kemudian menyebut “baca” yang berarti jawabannya adalah B.


Cerita temannya temanku ini ikut juga mengiris hatiku sebagai seorang guru, masak seh seorang guru sampai setega itu mengajarkan anak muridnya untuk belajar menyontek? Ada apakah dengan dunia pendidikan saat ini? Apakah karena gengsi takut sekolah tempatnya mengajar dikatakan sekolah yang tidak bermutu gara-gara banyak siswanya tidak lulus atau nilainya jelek lantas sang guru tanpa ada rasa malu memberikan jawaban soal kepada muridnya?

Bila kejadian seperti ini dibiarkan terus maka lambat laun profesi guru akan direndahkan dan diremehkan oleh masyarakat dan ingatlah balasan dari Alloh SWT bagi orang yang berlaku curang apalagi mengajarkan siswa/I berlaku curang dalam menghadapai ujian nasional maupun ujian semester.

Harus ada solusi yang cerdas dalam menghadapi kejadian ini, menyalahkan seorang guru justru akan semakin memperkeruh keadaan karena bagaimanapun guru hanya pelaksana di lapangan dan menyalahkan kepala sekolah juga sama halnya dengan menyalahkan guru karena kepala sekolah juga Cuma pelaksana. Apalagi menyalahkan kepala dinas pendidikan terus kepala daerah dan ujung-ujungnya nanti menyalahkan presiden dan malah akan menambah keruwetan yang terjadi dan akhirnya permasalahan ini akan menguap hilang tak berbekas dan kembali akan terulang lagi ditahun yang akan datang.

Kejadian ini harus dihentikan, biarkan para siswa mengerjakan soal dengan tenang sesuai dengan kemampuannya masing-masing, kalau guru sudah berusaha dengan maksimal membantu siswanya sebelum ujian dengan memberikan les tambahan di sekolah maka sang guru tinggal mendo’akan siswanya semoga bisa menjawab dengan lancar dan bisa lulus.

Dasan Agung, 20160518  06:30 WITA (Alfuad Gapuki)
 foto : www.goriau.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar