Senin, 11 April 2016

Kun Anta, Jadilah Dirimu Sendiri



 
Berapa banyak generasi muda sekarang ini yang suka ikut-ikutan budaya dari negara  lain tanpa pernah menyaringnya apakah budaya tersebut sesuai dengan budaya kita di Indonesia yang sudah turun temurun dan apakan pantas kita merusak tatanan kehidupan di masyarakat hanya gara-gara demi dikatakann modern?


Kalau budaya itu baik dan mendorong kemajuan negara kita dan masyarakat itu tidak menjadi masalah dan itu wajib kita ikuti dan kita sebarkan agar masyarakat juga bisa maju tapi kalau budaya itu sampai merusak masyarakat maka itu sangat tidak pantas kita sebarkan. Ingatlah siapa yang menyebarkan kebaikan maka ia mendapatkan pahala selama orang lain mengikuti apa apa yang telah disebarkannya demikian pula apabila ia menyebarkan keburukan buat masyarakat maka ia pun akan mendapatkan dosa selama orang lain mengikutinya.

Terhadap budaya ikut-ikutan ini sangat pantas kita renungkan syair lagu oleh Humood Alkhader dari Turki. Semoga kita bisa berpikir dan mengambil hikmah dari syair tersebut

KUN ANTA        by : Humood Alkhader
*********
Untuk bersaing  dengan mereka Aku meniru penampilan mereka
Maka aku menjadi sosok yang lain Hanya untuk dibanggakan
 Dan aku sangka jika aku melakukan seperti itu
 Aku akan dapat kelebihan
Tetapi yang kuperoleh hanyalah kerugian di atas perwatakanku ini

Tidak, tidak kita tidak memerlukan harta Untuk menambahkan kecantikan
 Kecantikan sesungguhnya ada di sini di dalam hati ia bersinar,

Kita tidak perlu meniru orang lain untuk diri kita
yang tidak sesuai dengan akhlaq kita
Itulah kecantikan kita, semakin bertambah mulia.

Jadilah diri kamu sendiri pasti akan tambah cantik

Aku menerima mereka, tetapi tidak pula aku meniru akhlaq mereka
 melainkan apa yang aku terima itu
Aku telah ridho ..
Aku ingin menjadi seperti diri aku sendiri 
 inilah aku Hal ini kurasakan sudah cukup, itulah keayakinanku.

Aku akan jadi diriku sendiri Aku tidak butuh orang lain, setuju.
Aku akan jadi apa yang aku suka, kenapa aku harus peduli tentang mereka terhadapku
Aku akan jadi diriku sendiri Aku tidak butuh orang lain, setuju.
Aku akan jadi apa yang aku suka, Kenapa aku perlu menghiraukan keinginan mereka

Dasan Agung,  20160411  17:30 WITA (Alfuad Gapuki)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar