Rabu, 06 Januari 2016

Mengundang Kepala Lingkungan Hanya Dengan SMS



Fenomena yang terjadi di Lingkungan Gapuk akhir-akhir ini sungguh sangat berbeda dan mencengangkan. Betapa tidak, institusi kepala lingkungan (Kaling) yang harusnya di hormati dan dihargai oleh masyarakat kenyataannya justru di remehkan oleh oknum masyarakat itu sendiri.


Kalau dulu bila sebuah kepanitian yang formal yang dipilih oleh masyarakat yang ikut rapat di masjid ingin mengadakan rapat dengan anggota dan mengundang kepala lingkungan mengggunakan surat undangan yang resmi tapi sekarang ini hal tersebut tidak digunakan oleh ketua panitianya, karena  sudah merasa dirinya jadi ketua(di tunjuk langsung di luar forum karena ketua panitia terpilih mengundurkan diri) maka undangan pun cukup dengan SMS lewat HP saja tanpa pemberitahuan kepada sekretaris. Hehe

Harusnya bila sudah memasuki kepanitiaan  yang formal seperti PHBI Lingkungan Gapuk yang di pilih oleh masyarakat maka segala sesuatunya dilakukan dengan formal dan sesuai prosedur yang berlaku dalam organisasi tersebut bukan mengikuti prosedur ala urap-urap(serebek/serebuk).

Prosedur ala urap-urap ini adalah prosedur menurut kemauannya sendiri karena mentang-mentang jadi ketua yang dipilih  maka segala sesuatunya mau dikerjakan sendiri tanpa melihat bidang kerja pada setiap seksi di organisasi tersebut. Pokoke kerja biar dilihat rajin oleh orang lain dan itu yang tertanam dalam diri kalau sudah menggunakan prosedur ala urap-urap.hehe

Kalau sudah prosedurnya ala urap-urap maka manajemen dalam berorganisasi pun ala urap-urap juga. Coba perhatikan penjual urap-urap, dia yang membeli bahannya,  dia yang memasaknya, dia yang memotong bahan tersebut, dia yang mencampur bahannya dengan bumbunya,dia yang menyajikannya dan dia pula yang menjualnya.

Manajemen ala urap-urap ini yang mestinya dibuang jauh-jauh kalau dalam berorganisasi karena hakekat berorganisasi itu melatih diri untuk siap menjadi pemimpin di masyarakat dan mengkader teman-teman yang lain untuk menjadi calon pemimpin di masyarakat juga.

Dasan Agung, 20160106 05:30 WITA  (Alfuad Gapuki)

Isi SMS ketua panitia PHBI Masjid At Takrim Lingkungan Gapuk
 “ass..mhn khdirannya smw panitia hari bsar islam (PHBI) MAULID dn 3 kpl linkg nnti mlm di msjid, slese acara kgiatn lomba, dg agenda prsiapan acara maulid, dll. Trims. Salam “
(selasa, 05-01-2016)

·         Panitia Hari Besar Islam(PHBI) Masjid At Takrim Lingkungan Gapuk 2016
·         Tulisan ini untuk dokumentasi agar generasi di Lingkungan Gapuk tidak mengulangi cara-cara seperti ini di tahun yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar