Selasa, 12 Januari 2016

Lomba Tradisional Masyarakat Lingkungan Gapuk Menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW 2016



 
Setiap perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, masyarakat Lingkungan Gapuk Dasan Agung selalu penuh dengan acara untuk menghibur anak-anak kecil maupun anak-anak yang sudah dewasa. Hal ini dilakukan sekaligus untuk menjaga tradisi yang sudah turun temurun yang  biasa dilakukan oleh para leluhur.


Salah satu acara yang dilakukan adalah lomba-lomba tradisional seperti Lomba Pantok kemek, lomba kakoq kepeng lek buak sukun, lomba lari Karung dan lomba Ngeson keranjang.  lokasi acaranya di pusatkan di pinggir sungai Jangkuq atau tepatnya di tanah Pauman milik masyarakat Lingkungan Gapuk(10/01/2016).

Hadiah bagi pemenang lomba bersumber dari swadaya masyarakat sekitar tempat lomba dan masyarakat yang menonton lomba. Kegiatan lomba ini sangat menghibur dan sekaligus sebagai kenangan masa kecil bagi penonton yang sudah dewasa.

Canda tawa melihat atraksi dan tingkah polah peserta lomba yang murni tanpa pencitraan menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton dan itu justru membuat acara lomba semakin lama semakin menarik untuk di tonton.

Masalah hadiah yang didapat pada saat lomba tidak menjadi masalah karena tujuan mereka ikut lomba bukan semata-mata karena hadiah tapi karena ingin memeriahkan Maulid di lingkungan Gapuk.

Begitulah masyarakat Gapuk Dasan Agung, walaupun setiap Maulid selalu jadi omongan masyarakat lingkungan lain karena adanya Pereje yang dilakukan oleh oknum masyarakat yang disertai dengan mabuk-mabukan namun masyarakat Gapuk lainnya tetap ceria dengan melaksanakan kegiatan yang positip.

Dasan Agung, 20160112 19:50 WITA  (Alfuad Gapuki)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar