Selasa, 02 Februari 2016

Parade Maulid Rebaq Jangkeh Mataram 2016 Di Dasan Agung



Sambutan hangat masyarakat Dasan Agung kali ini dalam menyambut parade Maulid Rebaq Jangkeh Mataram 2016 sungguh sangat menggembirakan.  Jauh-jauh hari sebelum acara dimulai masyarakat setiap lingkungan sudah mempersiapkan diri secara maksimal untuk ikut berpartisipasi.


Kepanitiaan kecil pun dibentuk disetiap lingkungan, mulai dari anak kecik hingga papuq-papuq(nenek) tidak mau ketinggalan untuk ikut di libatkan dalam kegiatan tersebut. Semua diakomodir biar tidak timbul permasalahan gara-gara tidak dilibatkan dalam event sekali setahun tersebut.

Seluruh lingkungan yang ada di Dasan Agung dan Dasan Agung Baru ikut terlibat, dari Kafilah Dasan Agung terdiri dari  Lingkungan Gapuk 3 Kafilah, Lingkungan Pejeruk 2 kafilah, lingkungan Perigu 1 kafilah, Lingkungan Bawak Bagek 1 kafilah, Lingkungan Otak Desa 1 kafilah, Lingkungan Muhajirin 1 kafilah, lingkungan Darul Hikmah 1 kafilah, Lingkungan Arong-arong timur 1 kafilah, lingkungan arong-arong Barat 1 kafilah. Sedangkan dari Dasan Agung baru ada 2 kafilah yaitu Lingkungan Pelita dan Lingkungan Banjar.

Untuk parade Maulid Rebaq Jangket Mataram 2016 kali ini ada peserta kafilah dari luar Dasan Agung dan Dasan Agung Baru yang ikut berpartisifasi yaitu kafilah Karang Baru.

Harapan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram Bapak Drs. H. Badul Latief Nadjib, MM dalam sambutannya saat membuka acara parade Maulid Rebaq Jangket Mataram 2016 hari Ahad(31/01/2016) yaitu agar kedepan setiap lingkungan yang ada di Kota Mataram bisa ikut berpartisipasi.

Keikutsertaan seluruh Lingkungan yang ada di Kota Mataram justru akan semakin bertambah ramai dan meriah event setahun sekali ini dan bisa menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang ke Lombok. Hal ini perlu direalisasikan pada tahun depan dan disosialisasikan kepada masyarakat Dasan Agung sebagai tuan rumah agar lebih mempersiapkan diri secara maksimal dan lebih baik dari tahun ini.

Asal usul diadakannya acara parade Rebak Jangkeh ini yang menurut penulis ketahui berasal dari acara rutin masyarakat Lingkungan Gapuk yang selalu mengadakan acara Rebaq Jangkeh setiap selesai perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dipusatkan di Lingkungan Gapuk Selatan. Silahkan baca di link ini http://mataramkita.blogspot.co.id/2016/02/acara-rebaq-jangkeh-masyarakat-gapuk.html 

kegiatan Parade Maulid Rebaq Jangkeh ini perlu kita lestarikan agar generasi muda di kota Mataram tidak melupakan warisan para leluhurnya dan terus dilestaraikan hingga akhir hayat. itulah harapan kami sebagai generasi muda Dasan Agung Mataram. 

Dasan Agung, 20160202 07.00 WITA  (Alfuad Gapuki

ini foto dokumentasinya




































 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar