Jumat, 11 Januari 2019

Air Terjun Tibu Tereng dan Air Terjun Kelambu Bukit Tinggi Lombok Barat

Daerah Lombok Barat ini bisa di bilang daerah yang paling banyak air terjunnya yang ada di Nusa Tenggara Barat, mulai dari air terjun yang bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua maupun sepeda dan yang bisa diaksea langsung dengan kendaraan tapi mesti jalan kaki yang lumayan melelahkan.

Dan salah satunya adalah Air terjun Tibu Tereng dan Air Terjun Kelambu yang berlokasi di Bukit Tinggi Penimbung Lombok Barat. kedua air terjun ini letaknya berdekatan sekali karena satu jalur dan Untuk mencapai ke lokasi air terjun ini bila kita datang Mataram yaitu kita mulai dari perempatan Sayang-Sayang belok kiri ke utara lurus hingga mencapai pasar ilir dan di perempatan pasar ilir ini terus belok kanan menuju ke timur hingga tikungan yang menuju ke utara. terus saja ikuti jalan beraspal yang penuh tanjakan ini hingga sampai pasar bukit tinggi. dari pasar bukit ini kemudian lurus di lanjutkan ke utara yang melewati jalan tanah hingga ke tempat parkiran air terjun tibu Tereng dan Air Terjun Tibu Kelambu.

Dari tempat parkiran ini kita turun melewati tangga dan dipertigaan nanti kita bisa memilih apakah akan ke air terjun tibu Tereng ataukah ke air terjun tibu kelambu. Dari air terjun tibu Tereng juga kita bisa menuju ke air terjun tibu Kelambu dengan jalur mengikuti aliran pembuangan air dari air terjun tibu Tereng ini.  pada jaur ini kita akan melewati sebuah gua yang lumayan menantang dan gundukan batu besar dan kita juga akan melewati tangga dari bambu yang akan menguji adrenalin kita.  lebih baik langsung pergi dan buktikan sendiri bagaimana rintangan dan tantangan jalur yang dilewati ini.

Gapuk Bicycle  pada akhir tahun 2018 atau penampahan tahun baru 2019(Senin, 31/12/2018) gowes menuju kedua air terjun dan di air terjun Tibu Tereng ini ada remaja yang sekaligus tukang parkir yang menjadi guide dari air terjun tibu Tereng menuju ke air terjun tibu Kelambu.

Semoga dengan tulisan yang ringkas ini bisa menjadi referensi buat para goweser saat mengunjungi air terjun tibu Tereng dan Air Terjun Tibu Kelambu. Walloohua'lam bissawaab