Minggu, 10 Desember 2017

Pawai Sambut Maulid Nabi Muhammad SAW 2017 Masyarakat Gapuk Dasan Agung Mataram

Masyarakat Dasan Agung Mataram kalau sudah datangnya bulan Rabiul awal pasti terlihat sibuk dan menyibukkan diri karena di bulan Rabiul awal inilah Rasululloh SAW lahir ke dunia dan meninggal dunia.  Namun oleh masyarakat lebih cendrung untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW karena hari kelahiran itulah yang sering dibahas oleh para ulama/Tuan Guru kita selama ini.


Dalam menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini bagi masyarakat Lingkungan Gapuk Dasan Agung akan melaksanakan peringatan Maulid pada hari Jum'at(15/12/2017) atau 27 Rabiul awal 1439 H namun karena jatuhnya hari Jum'at dan waktunya pendek maka pelaksanaan maulid di undur menjadi hari Sabtu dan itu sudah menjadi ketetapan bersama masyarakat Gapuk Dasan Agung.

Persiapan menyambut Maulid ini bagi generasi muda diadakan dengan berbagai macam lomba yang bernafaskan islam sebelum hari H pelaksanaan Maulid.  Dan pelaksanaan lomba ini bisa sampai sepekan dan berakhir pada malam H-2 dan pada malam H-1 diadakan malam penutupan sekaligus pengumuman para pemenang lomba. Dan malam maulidnya baru di adakan Mulut sekaligus Melut. 

Mulut disini acara makan-makan yang di adakan oleh warga dengan mengundang sanak saudara maupun sahabat sedangkan melut ini mengadakan acara bisa berupa panggung hiburan hingga shubuh atau dengan mengadakan acara pereje yang sering disertai dengan mabok-mabokan yang dimulai setelah tamu pada pulang sekitar jam 22.00 WITA hingga waktu sholawatan shubuh.  Untuk Lingkungan Gapuk biasanya sebagian masyarakat yang senang pereje mengadakan pereje sedangkan yang tidak senang pereje langsung tidur kalau tamu sudah pada pulang. Walloohua'lam bissawaab

Gapuk Dasan Agung, 20171210  19.15 WITA  by : Alfuad Gapuki


Tidak ada komentar:

Posting Komentar