Minggu, 03 Desember 2017

Gunung Sasak Kuripan Menunggu Para Goweser Lombok

Rasanya tidak akan habis keindahan alam Pulau Lombok Seribu Masjid ini kita kunjungi dan kita nikmati bagaimana keindahan alam ciptaan Alloh SWT ini diberikan kepada masyarakat Sasak. Dan saking banyaknya keindahan alam baik berupa pantai, danau, air terjun, hutan, bukit,  gunung dan lain sebagainya yang kini oleh pemerintah setempat sudah mulai dikelola dengan baik.

Dan salah satunya keindahan alam berupa gunung yang audah mulai direnovasi adalah Gunung Sasak.  Gunung Sasak ini sendiri terletak di Desa Kuripan Kecamatan Kuripan Kabupaten Lombok Barat.

Untuk menuju ke lokasi Gunung Sasak ini sangatlah mudah dan kita bisa menggunakan sepeda motor maupun sepeda gunung(MTB)  baik sendirian maupun bareng-bareng bersama team sepeda.  Team Gapuk Bicycle sendiri pada hari Ahad (03/12/2017) tadi pagi gowes ke Gunung Sasak walaupun cuma berdua karena anggota team yang ada keperluan yang tak bisa ditinggalkan.

Kumpul di depan Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center NTB kemudian menuju ke selatan hingga bundaran gerung kemudian ke timur hingga keperempatan Bengkel lalu belok kanan hingga pertigaan kediri lalu ke timur sampai perempatan yang ada masjid besar Kediri lalu belok kanan hingga sampai jalan baypass BIL. Dijalan Baypasa BIL ini kalau kita gunakan sepwda tingga menyeberangi jalan saja hingga ke jalan sebelahnya.  di jalan ini kemudian kita lewati keselatan hingga kita melihat plang petunjuk arah yang kalau kekiri menuju Kuripan dan kalau lurus menuju Gunung Sasak.

Pastinya kita akan mengikuti arah ke Gunung Sasak hingga sampai tikungan pertigaan lalu ambil jalan yang lurus dan ikuti jalannya hingga sampai pertigaan.  Pada pertigaan ambil jalan yang kekanan hingga dan kita akan melalui pinggir Gunung Sasak hingga sampai pertigaan yang ada jembatannya dan di sebelah kirinya ada plang kehutanan dan jalan yang masih bertanah. Ikuti jalan yang masih tanah tersebut dan jalan itulah yang harus kita lalui hingga mengantarkan kita ke Puncak Gunung Sasak.

Karena jalannya masih tanah dan ada campuran batu kerikilnya maka perjalan kita akan sedikit terhambat namun sangat menantang untuk kita taklukkan kalau menggunakan sepeda. Treknya ini melebihi Bukit Korea Mambalan Lombok Barat. ini menurut pendapat pribadi penulis sendiri. hehe
Untuk sampai ke puncak kita bisa sambil menggenjot sepeda dan di puncak Gunung Sasak ini kita akan melihat bangunan permanen bertingkat yang akan digunakan untuk memantau wilayah Gunung Sasak dan di sekitarnya ada rumah pohon yang bisa kita gunakan untuk melihat keindahan alamnya hingga pantai Selatan.

Mendengar cerita keindahan alam Gunung Sasak ini akan membuat kita terangsang full untuk segera mengunjungi dan menaklukkanya. Kalau bisa pekan depan berkunjung kesana kenapa harus menunggu bulan depan? lebih cepat lebih baik bro.
semoga ada manfaatnya dan Walloohua'lam bissawaab.

Gapuk Dasan Agung, 20171203  17.20 WITA   AlFuad Gapuki
#GAPUKBICYCLE  #GAPUKDASANAGUNG

ikuti jalan kekanan

ikuti jalan ke kiri hingga puncak Gunung Sasak

pada pertengan Gunung Sasak

di puncaknya namun kita turun sedikit untuk sampai rumah pohon ini