Jumat, 30 Desember 2016

Nuansa Islami Parade Rebaq Jangkeh Lingkungan Perigi Dasa Agung

 
Masyarakat Masyarakat Dasan Agung pantas berbangga hati dengan masih terpeliharanya budaya Islami dan dipertahankan hingga kini oleh masyarakat Lingkungan Perigi.  bentuk dari masih adanya budaya Islami yang dipelihara dan dipertahankan hingga kini adalah dengan adanya parade rebaq jangkeh yang sarat dengan nuansa Islami tersebut.

Parade Rebaq Jangkeh ini sendiri rencananya akan akan dilaksanakan pada hari Sabtu(31/1/2017) dengan mengambil rute mengelilingi wilayah Kelurahan Dasan Agung Mataram. Dan acara ysng ditampilkanpun sarat dengan nuansa Islami dan melibatkan seluruh komponen masyarakat mulai dari anak kecil hingga orang tua.  Yang sungguh mengagumkan dari masyarakat Lingkungan Perigi ini adalah kekompakannya menyukseskan acara walaupun yang mengkoordinir acara tersebut para remaja masjid.

 Dari sembilan perkampungan yang ada di Dasan Agung yaitu Gapuk,  Pejeruk,  Perigi, Bawak Bagek,  Otaj Desa,  Muhajirin,  Darul Hikmah,  Arong-arong Timur dan Arong-arong Barat, hanya Lingkungan Perigi ini yang masing mempertahankan tradisi yang bernuansa Islami,  berbeda dengan lingkungan yang lain yang justru terlihat malu-malu kucing dan lebih bsngga mengikuti budaya asing yang tidak cocok bagi budaya kita.  yang lebih tragis lagi malah ikut-ikutan berlagak banci biar dikertawain oleh para penonton.
Mudah-mudahan dengan acara Parade Rebak Jangkeh yang di motoro oleh Makhsud ini bisa bermanfaat dan bisa kita petik hikmahnya.  Aamiin
Hotel Ghotic Bandung, 20161230 08.00 WIB alfuad gapuki





Tidak ada komentar:

Posting Komentar