Minggu, 01 Januari 2017

Parade Akbar Rebaq Jangkeh Lingkungan Perigi Dasan Agung Mataram



Rebaq Jangkeh merupakan rangkaian puncak perhelatan perayaan Maulid Nabi yang dilaksanakan setelah selesainya acara Mulud di rumah dan Maulid di Masjid. Dalam parade rebaq jangkeh yang dilakukan oleh lingkungan Perigi kali ini banyak melibatkan masyarakat mulai dari anak kecil hingga orang tua.  antusias para peserta parade rebaq jangkeh yang ke-IV tahun ini melebihi peserta tahun kemarin sehingga membuat panitia semakin lebih bersemangat. 


Adapun rute yang dilalui untuk tahun ini masih seperti dulu yaitu Start di depan Masjid Perigi Riyadhus Sholihin kemudian belok kiri melalui Lingkungan Pejeruk kemudian melewati masjid At Takrim Gapuk lalu belok kiri pada pertigaan sampai ke jalan Langko kemudian belok kiri lagi melalu jalan langko hingga ke Jebak Beleq dan pada jebak Beleq belok kiri hingga finish di depan Masjid Raudatul Shibyan Perigi. 

Banyaknya peserta yang ikut parade Rebaq jangkeh(31/12/2016) baik yang masuk dalam formasi maupun yang mengiringi atau pendamping membuat jalanan yang dilalui macet total dan akibatnya antrian motor dan mobil hingga puluhan meter. 

Mudah-mudahan tradisi yang bernuansa Islami seperti ini tetap dipertahankan dan bila perlu dijadikan contoh oleh Lingkungan Lain yang ada di Dasan Agung agar dalam mengadakan acara Pawai atau parade atau arak-arakan bisa bernafaskan Islami bukan urak-urakan yang tidak sinkron/nyambung dengan suasan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.
 Purwakarta, 20170101  08.00 WIB alfuad gapuki











Tidak ada komentar:

Posting Komentar