Selasa, 27 Desember 2016

Pawai khataman Al qur’an menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW di Lingkungan Gapuk



 
Tradisi nuansa keislaman berupa pawai khataman Al Qur’an di Lingkungan Gapuk Dasan Agung Mataram tetap terpelihara dan dilaksanakan tiap tahun menjelang peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. Tradisi ini sudah turun temurun dilaksanakan hingga akhir ini dan masyarakatpun ikut berpartisipasi menjaga dan memeliharanya.


Pawai khataman Al Qur’an ini seperti biasa di ikuti oleh para anak kecil usia 6 – 10 tahun dan sangat langka sekali ada peserta khataman Al Qur’an di atas usia 10 tahun. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya tempat mengaji di Lingkungan Gapuk baik yang dilaksanakan di pesantren-pesantren maupun dirumah para ustadz dan ustadzah.

Disamping banyaknya tempat mengaji yang ada, image yang berkembang dimasyarakat yang berupa kalau belum bisa baca Qur’an sungguh sangat memalukan dan dianggap suatu aib di masyarakat, ikut juga membantu memotivasi para orang tua untuk menyuruh anaknya rajin mengaji sejak dini.

Efek positifnya justru semakin menambah para pengkhatam Al qur’an dari tahun ke tahun dan ini patut kisa syukuri bersama.

Mudah-mudahan dengan semakin banyaknya para pengkhatam Al Qur’an ini bisa membawa kebaikan di Lingkungan Gapuk dan bisa mengurangi serta menyadarkan para pengguna Narkoba untuk bertobat. aamiin

 Dasan Agung, 20161223 10.00 WITA alfuad gapuki
 sumber foto : deni ipeh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar