Senin, 06 Juni 2016

Petuah Sang Gubernur NTB Dan Kepatuhan Jamaah Masjid Raya At Taqwa Mataram



Malam pertama sholat taraweh di Masjid Raya At Taqwa Mataram tahun 2016 ini sungguh sangat berbeda dibanding dengan sholat taraweh pada tahun kemarin. Suasana yang berbeda ini sangat terasa menyejukkan dan membuka hati para jamaah sholat taraweh baik yang melakukan 8 rakaat maupun 20 rakaat.

Hal ini terjadi tidak lain karena adanya petuah dari Gubernur NTB DR. TGH. Muhammad Zainul Majdi saat menjadi penceramah pada malam pertama sholat taraweh dan witir di masjid Raya At Taqwa Mataram(ahad,5/6/2016). Pada kesempatan itu Tuan Guru Bajang menyampaikan secara singkat kebaikan orang yang melakukan sholat taraweh yang 8 rakaat dan sholat taraweh 20 rakaat. Mana-mana yang kita pilih dan kita laksanakan sama-sama melaksanakan sunnah Rasul dan ada dalilnya masing-masing.

Setelah menguraikan kebaikan masing-masing sholat taraweh yang 8 rakaat dan 20 rakaat barulah tuan guru bajang membuka hati para jamaah akan pentingnya kebersamaan di dalam berjamaah di masjid. Beliau berkata “Yang melaksanakan sholat taraweh  8 rakaat silahkan laksanakaan tapi hati harus tetap dijaga agar jangan sampai merasa lebih kuat hadits yang digunakan kemudian menyalahkan yang melaksanakan taraweh 20 rakaat dan kepada yang melaksanakan sholat taraweh 20 rakaat  silahkan laksanakan tapi hati harus tetap dijaga agar jangan sampai merasa benar karena menggunakan hadits Rasul dari perawi yang lain kemudian menyalahkan orang yang sholat taraweh 8 rakaat.”

Setelah memberikan dalil dan membuka hati para jamaah sekalian, barulah Tuan Guru Bajang menyampaikan inti ceramahnya yaitu beliau mengharapkan agar para jamaah bersatu padu menjaga kerukunan dan tidak ada lagi 2 sholat berjamaah dalam satu masjid terutama dalam sholat berjamaah witir.

DR. TGH. Muhammad Zainul Majdi  selaku Gubernur NTB sangat mengharapkan agar jamaah yang melaksanakan sholat taraweh 8 rakaat agar berlapang dadang dan bersabar. Kalau sudah selesai melaksanakan sholat taraweh 8 rakaat dipersilahkan untuk pulang langsung atau menunggu imam sholat taraweh melaksanakan sholat witir.

Ceramah yang beliau sampaikan sungguh sangat merasuk hati para jamaah sholat taraweh yang hadir dan petuahnya ini benar-benar di ikuti oleh para jamaah sholat taraweh yang 8 rakaat maupun yang 20 rakaat. Bagi yang melaksanakan sholat taraweh 8 rakaat terlihat ada yang pulang langsung dan ada yang menunggu untuk melaksanakan sholat witir secara berjamaah di masjid Raya At Taqwa Mataram.

Sungguh malam pertama sholat taraweh tahun 2016 sangat berkesan sekali. Aura keilmuan dan kepemimpinan dari DR. TGH. Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang ini sangat terasa dan terbukti. Beruntung sekali penulis bisa hadir mengikuti sholat taraweh hingga akhir dan melihat langsung kejadian langka ini. Do’a selalu kami panjatkan buat pemimpin kami Tuan Guru Bajang semoga selalu panjang umur dan diberikan kesehatan dan keselamatan untuk memimpin rakyat NTB. Aamiin

Dasan Agung, 20160606 - 14:00 WITA (Alfuad Gapuki)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar