Jumat, 17 April 2015

Hapalan Juz ‘Amma Mahasiswa Teknik Saat Kost

Pengaruh lingkungan di mana kita berada sangat besar mempengaruhi bagaimana kita selanjutnya menjalani kehidupan ini apalagi saat menjadi anak kost yang jauh dari orang tua, keluarga dan tempat tinggal. Suka duka yang dialami akan ditanggung sendiri secara mandiri tanpa bantuan dari orang tua maupun keluarga dekat dan yang bisa membantu kita saat-saat seperti itu adalah diri sendiri, teman kost, teman kampus dan ibu kost.


Disamping lingkungan tempat kita kost, teman pergaulan juga sangat mempengaruhi diri kita. kalau kita bergaul dengan orango-orang yang baik maka lambat laun kita akan terpengaruh untuk mengikutinya apalagi teman kita itu mempunyai nilai akademik yang tinggi melebihi nilai akademik kita sendiri. Tapi kalau teman pergaulan kita kurang baik niscaya kita akan cepat sekali terpengaruh.

Salah satu sudut di Kota Yogyakarta yang pernah penulis temukan dan alami selama menjadi anak kost dulu yang lingkungan dan anak kostnya mencerminkan suasana keilmuan adalah di kampung Babarsari atau tepatnya dekat perkemahan Babarsari Sleman Yogyakarta.

Di ujung perkampungan ini ada sebuah masjid yang bernama Masjid Ksatria Taqwa, dimasjid inilah anak-anak kost yang sering sholat ke masjid setiap malam selasa dan malam kamis diberikan pengajian khusus ba’da maghrib yang disampaikan oleh Ust. Drs. Muhammad Mustafa dan Ust. Drs. Hanafi.

Sebelum pengajian dimulai biasanya para jamaah bersama-sama membaca surah-surah yang terdapat pada juz ‘amma mulai dari surat terakhir surat An Naas[114} – hingga surat An Naba’[78]. Hal ini dimaksudkan agar para jama’ah cepat menghapal Juz ‘amma. Jamaah masjid yang kebanyakan para mahasiswa teknik STTNAS(Sekolah Tinggi Teknologi Nasional) Yogyakarta ini yang ingin cepat selesai menghapalkan juz ‘amma biasanya ada yang mencoba menghapal sendiri di kost-kostan. Ada yang menghapal di kamar, di ruang tamu dan di kebun depan kostnya.

Pahala besar yang akan diberikan oleh Alloh SWT kepada para penghapal Al Qur’an inilah salah satu yang memotivasi para anak kost yang aktif di masjid Ksatria Taqwa Babarsari untuk menghapalkan Juz ‘amma. Walaupun dalam keadaan sibuk dengan urusan kampus mulai dari tugas kuliah, kegiatan di organisasi kampus dan kegiatan lainnya namun semangat para mahasiswa teknik ini tidak surut malah semakin bergelora untuk menghapalkan juz ‘amma tersebut.

Alhamdulillah dulu banyak para mahasiswa teknik STTNAS ini yang sudah menghapalkan minimal Juz ‘amma namun mereka malu untuk memberitahukan dirinya kalau sudah hapal karena mereka mencontoh dari sikap Ust. Drs. Muhammad Mustafa yang mengajarkan kita menghapal Juz ‘amma tersebut tidak pernah menceritakan dirinya sebagai seorang Hafidz.

Maaf beribu maaf, tulisan ini sebagai motivasi buat para Alumni santri pesantren Ulil Albab Mundusaren Yogyakarta agar tetap bersemangat  mengamalkan ilmu agama telah yang kita dapatkan, teman-teman teknik dimanapun berada, teman-teman yang lainnya dan buat murid/santri dimanapun berada. Semoga kita bisa istiqomah dan tetap eling kepada Alloh SWT. Aamiin.


*(Dasan Agung, Jum’at,20150417/ 07.00 WITA  (Alfuad Gapuki) *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar