Sabtu, 11 November 2017

Doa Bergowes Saat Tanjakan Turunan dan Datar

Menikmati keindahan alam ciptaan Alloh SWT di dunia ini banyak sekali caranya dan salah satu caranya yang sekaligus bisa untuk mendukung  kesehatan yaitu dengan bersepeda. Dengan cara bersepeda ini kita bisa bebas dan lebih puas menikmati keindahan alam sejak mulai berangkat hingga pulang baik yang kita lakukan bersama kelompok atau perorangan.


Paling enak dalam Bersepeda atau bergowes adalah dengan berkelompok karena dengan berkelompok kita bisa bersendagurau,  curhat dan memperkuat silaturrahim dengan sesama anggota.    

Agar acara gowes yang dilakukan bisa bernilai ibadah dan selalu ingat kepada sang pencipta Alloh SWT maka kita perlu membiasakan diri membaca doa-oa dalam menghadapi trek/jalan yang kita lalui. Kata anak zaman now " satu langkah dua goyang", kesehatan dapat dan pahala berdzikir juga dapat.

Adapun Doa dalam bergowes ini yaitu :
1. bila treknya menanjak maka kita membaca Takbir " ALLOOHU AKBAR"
2. bila treknya menurun maka kita membaca tasbih "SUBHANALLOH"
3. bila treknya mendatar maka kita membaca tahmid "ALHAMDULILLAH"

Dos-doa ini termasuk dalam do'a safar atau dalam perjalanan. Safar yang baik dan di nilai ibadah adalah safar dalam hal kebaikan, baik safar dalam menuntut ilmu,  mengembara,  tadabur alam,  mendaki gunung,  bersepeda/bergowes dan lain-lain. Intinya safar yang baik itu apabila apa yang kita lakukan itu tidak dalam rangka bermaksiat kepada Alloh SWT.  Walloohua'lam bissawaab.

Dasan Agung, 20171111 13.30 WITA  Alfuad Gapuki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar