Minggu, 05 Februari 2017

Wisata Religi ke Musholla Kuning Abu Bakar Shidiq HM Maliki

Musholla yang di bangun oleh Ang Thian Kok atau H. Muhammad Maliki  tersebar disekitat Lombok Barat dan Kota Mataram.  Yang di Lombok Barat terletak di Jurang Malang Desa Pakuan Sesaot Lombok Barat berupa Musholla merah yang mirip dengan Klenteng yang diberi nama Muholla Al Ridwan ,  2.di Dusun Sangiang Desa Langko Kecamatan Lingsar Lombok Barat berupa Musholla Kuning yang diberi nama Abu Bakar Shiddiq. 3. di Selagalas Kecamatan Cakra Kota Mataram.


Musholla Kuning Abu Bakar Shiddiq bentuk bangunan berupa Limas dengan sabuk atapnya berbentuk topi bulat.  Musholla dibuat terapung dengan kolam air berada di bawahnya. sedangkan pada halamannha dibuatkan berugak baik dari kayu maupun dari tulang cor.

Kendaraan angkut tradisional masyarakat sasak yang berupa cidoma juga ikut terpakir di halaman yang justru menambah kesan natural halaman Musholla tersebut.

Nuansa religius sudah mulai terasa begitu memasuki pintu gerbang,  kaligrafi arab dengan lafadz "Bismillaahirrohmaanirrohiim dan Maasyaa Alloh"  terpasang pada atas pintu gerbangdan di samping kanan pintu gerbang di tempat dokar/pedati tempo doeloe.

Rasanya Rugi kalau belum mengunjungi Musholla Kuning Abu Bakar Shidiq HM Maliki yang fi singiang Langko ini.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar