Kamis, 23 Februari 2017

Robot Beroda, Karya Uji Kompetensi Keahlian Jurusan TEI SMKN 3 Mataram 2017

Tahapan sebelum kelas XII melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) adalah melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian(UKK). Pelaksanaan UKK ini adalah syarat wajib yang harus ditempuh  bagi siswa/I di sekolah kejuruan dengan tujuan agar diketahui sampai sejauh mana penguasaan siswa/i baik secara teori maupun praktek sesuai dengan keahliannya masing-masing.

Untuk jurusan TEI pada tahun ini,  para siswa di tugaskan untuk membuat rangkaian pengendali motor DC dengan bahasa program Bascom. Rangkaian pengendali ini di buat menggunakan software Eagle kemudian dipindahkan ke PCB agar busa di pasangin komponen elekteonika.  untuk bisa melihat hasilnya maka dipasangkan beban berupa Motor DC.  kemudian dibuatkan body dari plastik tebal yang mebyerupai motor Line Follower. sekilas memang terlihat seperti Robot Line Follower tapi kalau diperhatikan secara seksama ada kurangnya yaitu tidak ada sensor garisnya.

Karya siswa pada setiap uji Kompetensi Keahlian ini sebenarnya sudah bisa  untuk dipamerkan untuk memotivasi siswa/i kelas X dan XI agar bisa lebih berkarya namun kenyataannya belum pernah ada pameran hasil karya siswa/i.  Karya siswa/i hanya tersimpan di dalam kardus yang tertata dengan rapi yang lama kelamaan akan rusak sendiri.

Harusnya karya siswa hasil uji kompetensi keahlian ini di pamerkan tiap tahun dan bukan di taruh di dalam kardus,  banyak hasil karya siswa/i tiap tahunnya sangat bagus dan menarik serta bermanfaat untuk sehari-hari.  Pada UKK Tahun kemarin para siswa/i membuat Jam digital yang bisa bermanfaat buat masyarakat dan buat sekolah.  Ini seharusnya menjadi program sekolah untuk memamerkan karya siswa/i sekaligus mempromosikan keahlian dari siswa/i.  wallohua'lam

 Dasan Agung, 20170223 12.55 WITA alfuad gapuki


Tidak ada komentar:

Posting Komentar