Minggu, 01 Januari 2017

Memberdayakan Kusir Cidomo di Kota Mataram

Siapapun warga Kota Mataram pasti dalam hati kecilnya ingin melihat kota kelahirannya lebih maju dan berkembang dibandingkan dengan kota yang lainnya. bukan hanya dalam masalah pembangunan fisik yang berupa bangunan gedung, jembatan, taman, jalan dan lain sebagainya  tapi juga dalam masalah pembangunan Sumber Daya manusianya.


Pembangunan fisik tanpa memperdulikan SDM yang ada bagaikan sayuran tanpa garam akan terasa hambar dan kalau itu dibiarkan terus menerus maka akan menjadikan SDM kota Mataram hanya sebagai penonton dan penikmat hidangan semata tanpa ada hasil dan manfaat secara real yang mereka dapatkan dari pembangunan sarana fisik tersebut.

Berkaitan dengan hal tersebut, yang penulis soroti dalam hal ini adalah pemanfaatan Kusir Cidomo yang ada di Kota Mataram dalam menunjang pembanguna fisik berupa taman yang ada dalam menarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang ke Kota Mataram.

Bentuk dari pemanfaatan para kusir cidomo ini adalah berupa penyediaan sarana transportasi kuda buat wisatawan yang berkunjung di taman yang ada di kota Mataram, sarana transportasi kuda dari para kusir cidomo ini akan sangat menarik minat para wisatawan dan menambah kesan natural dan romantic yang tercipta dari adanya transportasi kuda tersebut.

Pemanfaatan transportasi kuda ini juga penulis perhatikan di kabupaten purwakarta Jawa Barat pada situ buleut saat mengisi liburan akhir tahun 2016. Pada situ buleut atau tempat kubangan badak jaman dulu dan terlihat para wisatawan mengantri untuk bisa menaiki kuda yang dipandu oleh kusirnya mengelilingi area sekitar situ buleut.

Kalau di luar Lombok saja bisa masak di kota Mataram tidak bisa?? Hanya sebuah ide yang bisa kami berikan sebagai warga kota mataram agar kota Mataram yang kami cintai ini bisa lebih maju dan berkembang dibandingkan dengan kota/kabupaten yang ada di Indonesia. Walloohu a’lam


Dasan Agung, 20170101 23.00 WITA alfuad gapuki


Dasan Agung, 20170101 23.00 WITA alfuad gapuki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar