Rabu, 16 September 2015

Harapan Pelajar Kota Mataram Mengikuti Lomba Robot di Pulau Jawa



Harapan dan kenyataan itu beda tipis, setipis kain sutera yang digunakan oleh para kaum wanita. Apa yang kita harap-harapkan malah tidak kesampaian dan apa yang tidak kita harapkan malah menjadi kenyataan.

Semangat dan kemauan sebagian besar siswa untuk mengikuti ekskul robotik sangat tinggi namun lama kelaman menjadi luntur dikarenakan tidak  adanya tantangan yang menantang untuk menguji dan mengasah kemampuan para pelajar dalam bidang Robotik terutama dalam keikutsertaan dalam lomba Robotik tingkat pelajar di Pulau Jawa.

Itulah yang selalu dialami oleh para siswa yang mengikuti ekskul Robotik di SMKN 3 Mataram sejak tahun 2006 hingga sekarang dan siswa yang mengikuti ekskul Robotik di SMAN 1 Mataram sejak tahun 2009 hingga sekarang. Harapan siswa untuk mengikuti lomba Robotik di Pulau Jawa yang diadakan oleh Universitas bergengsi tiap tahunnya selalu kandas dalam masalah dana.

Ketiadaan dana untuk biaya berangkat lomba itulah yang menjadi hambatan klasik selama ini yang penulis rasakan  selama menjadi pembina ekskul Robotik di SMKN 3 Mataram sejak tahun 2006 hingga sekarang dan pembina ekskul Robotik SMAN 1 Mataram tahun 2009 hingga sekarang.  

Walaupun begitu kami tidak bisa pungkiri bahwa pada tahun 2013 ekskul Robotik SMKN 3 Mataram untuk pertama dan terakhir kali bisa mengikuti lomba Robotik di ITS Surabaya  lomba Robotik di ITS Surabaya dengan bantuan dana dari pihak sekolah. Pengalaman mendampingi siswa ekskul Robotik buat pertama kali itulah yang membuka pikiran penulis kalau ternyata kita yang didaerah Kota Mataram ini sungguh sangat jauh tertinggal dari pelajar daerah lain dalam bidang Robotik.

Semoga saja pihak pemerintah Kota Mataram bisa terbuka hatinya untuk memikirkan tentang teknologi Robotik dan bisa membantu masalah dana ini agar para siswa di Kota Mataram bisa mengikuti lomba robotik tingkat pelajar di pulau Jawa. Aamiin.
Dasan Agung, 20150916 21:50 WITA  (Alfuad Gapuki)

#Catatan pribadi
1. tahun 2013 peserta Ekskul Robotik  SMKN 3 Mataram dan Ekskul Robotik SMAN 1 Mataram kami rencanakan akan berangkat bersama mengikuti lomba robotik di ITS Surabaya namun ternyata yang jadi berangkat cuma peserta Ekskul Robotik SMKN 3 Mataram karena ddukung dana oleh kepala sekolah Bp. Umar, S.Sos, MM. sedangkan peserta Ekskul Robotik SMAN 1 Mataram tidak jadi berangkat karena tidak ada dana dukungan dana dari sekolah. pihak sekolah di SMAN 1 Mataram cuma mendukung biaya buat pembina saja.

2. Ekskul Robotik SMKN 3 Mataram sejak berdiri tahun 2006 hingga sekarang belum di akui oleh pihak sekolah sehingga dana buat kegiatan ekskul di tanggung oleh para siswa/i sendiri dan honor buat pembina pun cuma dapat 2M(Makasaih Mas) dan pahala dari Alloh SWT aja.:)

3.tahun 2012 ekskul Robotik SMAN 1 Mataram pernah vokum selama 8 bulan namun setelah adanya permintaan dari Siswa SMAN 1 Mataram untuk menghidupkan kembali Ekskul Robotik maka akhirnya penulis kembali mengaktifkannya lagi.
http://mataramkita.blogspot.co.id/2015/05/kegiatan-ekskul-robotik-sman-1-mataram.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar