Minggu, 26 Januari 2014

Sehari Seribu Buat Siswa Berkarya


Sungguh terasa sangat menyedihkan sekali bila seorang guru dengan semangat bergelora berusaha menunjukkan karya kepada siswa/siswinya baik  secara langsung di depan kelas maupun lewat tulisan di mataramkita.blogspot.com tapi siswa/siswinya sendiri belum bisa mengikuti langkahnya dengan alasan klasik tapi logis yaitu belum punya dana, sedangkan orang lain yang telah mengetahui karya yang telah dibuatnya itu melalui tulisan di mataramkita.blogspot.com  telah mampu membuatnya.


Tragis sekali memang tapi mau dibilang apa lagi?? Itulah realita yang terjadi dalam dunia pendidikan kita, banyak siswa/I di SMKN 3 Mataram yang mempunyai keahlian di atas standar yang penulis ketahui tapi mereka belum bisa mengembangkan keahliannya untuk menghasilkan sebuah karya karna alasan dana. Dan Karya yang penulis maksudkan adalah karya sendiri dengan dukungan dana pribadi bukan minta langsung kepada orang tua..

Mensiasati hal tersebut, penulis mencoba memberikan solusi kepada siswa dengan menyarankan agar menyisihkan uang belanjanya sehari seribu atau one day a thousand (ODAT)  yang mesti dikumpulkan  ke koordinator kelompoknya masing-masing agar dalam pertemuan tiap pekannya siswa sudah dapat mulai membeli bahan sedikit demi sedikit dan sudah bisa langsung mencicil membuat sebuah karya yang punya nilai jual tinggi atau minimal bisa sebagai surprise buat orang tua atau buat kekasih tambatan hatinya.hehe

Program Sehari Seribu ini terilhami dari program Ust. Yusuf  Mansyur yaitu program ODOJ (One Day One Juz) tentang suatu program sehari satu juz membaca Al Qur’an.

Kalau kita tidak mulai dari sekarang mengajarkan anak untuk menghasilkan sebuah karya maka kapan  lagi kita akan memulainya?? sudah bukan jamannya lagi kita hanya bisa menonton  dan melihat  dengan bangga keberhasilan dari sekolah lain dalam menghasilkan sebuah karya dan kini saatnya kita sebagai pendidik memulainya dari sekarang. Kita hanya bisa berdo’a dan berusaha memotivasi dan mengajarkan siswa secara maksimal, mengenai hasilnya nanti kita serahkan kepada Alloh SWT.
SMKN 3 MATARAM BISA……………………… (Alfuad Gapuki)    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar