Kamis, 02 Mei 2019

Wisata Dende Seruni Mumbul Pringgabaya Lombok Timur

Satu lagi tempat wisata yang sangat menarik buat dikunjungi hasil dari kreatifitas pemuda dan Inisiatif instansi desa Seruni Mumbul dan Camat Pringgabaya sehingga lahan desa yang tidak bermanfaat dan berupa kolam liar yang kotor di sulap menjadi tempat wisata yang sayang untuk tidak dikunjungi.


Tempat wisata ini diberi nama Dende Seruni sesuai legenda di masyarakat tentang kisah seorang putri yang sangat cantik jelita yang karena kecantikannya membuat Patih Mumbul ingin mempersunting untuk dijadikan istrinya. Berbagai cara dan rayuan yang dilakukan oleh Patih Mumbul agar bisa meluluhkan hati sang putri Dende Seruni namun hal itu tidak pernah berhasil karena keteguhan jiwa dan iman sang putri dende seruni yang tidak mau memjadi istri sang Patih Mumbul.

Bagaimana gambaran cantiknya putri Dende Seruni dulu bisa kita lihat dari kecantikan gadis sekitar atau banyaknya pengunjung yang datang yang sebagian besar kaum hawa yang rumahnya masih dekat dengan lokasi wisata Dende Seruni ini.

Awalnya lokasi wisata ini berupa kolam liar yang tergenangi air dari mata air alami yang berjumlah 30 mata air atau masyarakat menyebutnya dengan menanga. Menanga yang ada ini daripada mubazir tidak dimanfaatkan secara maksimal maka oleh pemuda dan masyarakat beserta instansi desa dan kecamatan mencoba memanfaatkannya menjadi tempat wisata yang bisa menghasilkan nilai ekonomi bagi pemuda dan masyarakat sekitar.

Secara resmi tempat wisata Dende seruni ini belum dibuka buat umum karena masih banyak spot-spot yang akan dibuat belum selesai dikerjakan dan saat penulis berkunjung pada hari Rabu(1/5/201 9) kemarin memang terlihat para pemuda masih bekerja membangun dan mengecat bangunan yang sudah selesai.

Dan untuk Dana awalnya berasal dari kas desa. Bapak Aunur Rofiq Sekretaris Desa seruni Mumbul mengatakan "Dinas Pariwisata Lombok Timur sudah datang berkunjung dan akan menawarkan bantuan sebesar 50 juta buat wahana air dan dari Kementerian Desa akan menawarkan bantuan sebesar 100 juta".  Selesai lebaran nanti dari PU Lombok Timur akan dibangunkan PAMDES(Perusahaan Air Minum Desa) disekitar wisata Seruni Mumbul ini.

Wisata Seruni Mumbul ini mulai dibangun pada bulan Januari 2019 dan akan diresmikan secara serimonial pas lebaran topat atau tujuh hari setelah lebaran 1440H/2019M oleh Kementerian Desa, Gubernur NTB dan Bupati Lombok Timur. Untuk itu marilah kita hadiri peresmian wisata Seruni Mumbul dan jadilah saksi sejarahnya. Walloohua'lam bissawaab

Gapuk Dasan Agung Mataram, 02052019  11.00 WITA  by: AlFuad Gapuki




Gadis Seruni Mumbul

Gadis Seruni Mumbul

Bapak Aunur Rofiq Sekretaris Desa seruni Mumbul

area parkir,  motor=5rb dan mobil=10rb. itu sudah termasuk tiket masuk

plang lokasi wisata Dende Seruni Mumbul

tikungan ke-3 dari pasar labuhan Lombok ini ambil jalan kecil yang lurus menuju loksai wisata Dende Seruni Mumbul Pringgabaya Lombok Timur

Tikungan ke-3 ini tetap lurus ambil jalan kecil

 
Dari Gapura Jantung Desa Labuhan Lombok ini terus lurus melewati pasar Labuhan Lombok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar