Rabu, 25 Juli 2018

Air Terjun Tibu Atas Buwun Sejati Narmada Nan Cantik

Hampir sebulan lebih semenjak bulan Ramadhan kemarin team Gapuk Bicycle libur bergowes dan mulai bulan Juli 2018 inilah mulai serius aktif kembali menuju tempat-tempat wisata baik yang berupa air terjun, gunung, bukit, kolam pemandian, pantai dan sebagainya yang  berada di area Lombok barat, Lombok Utara dan Tengah.


Pada hari Ahad kemarin (22/7/2018), team Gapuk Bicycle Gowes perdana menuju Air Terjun Tibu Atas Buwun Sejati Narmada Lombok Barat.  Info keberadaan tentang air terjun ini didapat dari postingan teman di Facebook kemudian kami tindak lanjuti dengan segera menuju ke lokasi dan ternyata rute menuju lokasi air terjun Tibu atas ini sungguh luar biasa menantang yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata dan hanya bisa mengucapkan "Maasyaa Alloh".

Bagaimana tidak menantang rutenya, sesampai di desa buwun sejati kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat atau tepatnya di SDN 2 Buwun Sejati, di Timur SDN 2 Buwun Sejati inilah ada jalan kampung menuju lokasi yang jaraknya cuma 200 meter namun setelah mendekati persawahan kita akan melewati jalan setapak  yang hanya bisa di lalui oleh satu orang saja yang sawah sebelah kanan dan kirinya masih sawah yang produktif dan saat team Gapuk Bicycle kesana kami menemui para petani sedang menanam padi dan ini semakin menambah romantisme suasana dan semakin menambah semangat untuk segera sampai di air terjun Tibu atas.

Oh ya,  untuk menuju ke Air Terjun Tibu Atas Buwun Sejati Narmada ini, dari Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center NTB menuju ketimur lewat jalan karang kelok kemudian belakang kantor Gubernur terus ke timur hingga perempatan Rumah sakit Jiwa Selagalas lalu ketimur lagi hinggga perempatan Lingsar. Pada perempatan ini kita bisa melewati jalan lurus atau belok kiri hingga perempatan pertama lalu ke timur melewati jalan yang masih bertanah hingga sampai ke pertigaan menuju ke mata air Ranget.  Pada pertigaan ini ada terpasang plang papan nama yang bertuliskan "mata air Ranget dengan tanda panah ke Kanan, Kantor Desa Buwun Sejati tanda panah ke kiri dan Dusun Batu Abak/Dusun Nois/Dusun Aik Nyet dengan plang panah ke kiri"

Atau kalau berangkat dari timur mengikuti jalan yang menuju sesaot, pada tikungan yang sebelah kirinya ada jembatan dan di depan jembatan ada warung maka masukkan melewati jembatan tersebut yang sekaligus jalan itu  yang menuju ke mata air Ranget. dari jembatan ikuti jalan yang berbelok hingga sampai di pertigaan ke dua yang jalannya agak lebaran.  dadri pertigaan ini lurus k barat hingga sampai si pertigaan yang ada plang papan nama seperti yang di atas.

Ikuti tanda panah yang ke kiri kemudian ikuti jalannya hingga sampai di SDN 2 Buwun Sejati, di belakang SDN 2 Buwun Sejati itulah lokasi dari Air Terjun Tibu Atas Buwun Sejati itu.

 Air terjun Tibu Atas Buwun Sejati ini tingginya sekitar 10 meter dari dasar air(kalau tidak percaya silahkan ukur sendiri biar yakin. hehe).  sekarang sudah dibuatkan tangga besi agar bisa sampai ke bawah dan kalau uji nyali kita bisa loncat dari atas air terjun ke  bawah kolam yang kedalaman airnya sekitar 4 meter.

Lebih baik datang langsung aja ke lokasi Air Terjun Tibu Atas dan buktikan sensasi loncat dari atas Air Terjun dan kecantikan panorama persawahan bagaikan kecantikan wajah gadis putih berjilbab setelah berwudhu. ehm..... Walloohua'lam bissawaab

Gapuk Dasan Agung, 20180725  20. 30 WITA  by: AlFuad Gapuki









Tidak ada komentar:

Posting Komentar