Rabu, 09 Maret 2016

Sholat Gerhana Matahari Bersama Gubernur NTB DR. TGH. Muhammad Zainul Majdi di Masjid Raya At Takwa Mataram

Fenomena alam berupa gerhana matahari merupakan suatu hal yang lumrah terjadi sejak jaman dulu dan itu tidak perlu dikait-kaitkan dengan peristiwa lain yang kebetulan bersamaan terjadi pada hari itu apalagi sampai menyerembet ke hal-hal yang bersifat mistik segala.


Gerhana matahari bagi umat islam itu dianggap sebagai sunnatullah yang terjadi karena kehendak Alloh SWT yang tidak ada kaitannya dengan peristiwa kematian maupun yang lainnya.

Pada jaman Rasululloh pun pernah sekali terjadi gerhana matahari dan waktu itu anak Rasululloh yang bernama Ibrahim meninggal dunia. Dan oleh para Sahabat waktu itu dikait-kaitkan dengan meninggalnya anak  Rasululloh, sehingga begitu mendengar peristiwa tersebut maka Rasululloh memerintah para sahabat untuk berkumpul di masjid kemudian memerintah untuk sholat Khusuf atau sholat gerhana.

Untuk di wilayah Nusa Tenggara Barat sendiri, gerhana matahari diperkiran terjadi pada pukul 07.25 hingga 09:00 WITA dan mengenai wilayah NTB sebesar 75 persen berarti tidak secara total terlihat gerhana matahari. Hal ini disampaikan oleh Badan Meteorologi dan Geofisika Nusa Tenggara Barat.

Dan pelaksanaan sholat Gerhana Matahari di Masjid Raya At Takwa Mataram di mulai pukul 07.50 WITA. Namun sebelum pelaksanaan sholat di mulai terlebih dulu dilaksanakan  pembacaan surah Yasiin kemudian kata sambutan oleh Bapak Gubernur NTB Dr. TGH. Muhammad Zainul Majdi.

Dalam sambutannya, gubernur NTB menceritakan secara singkat asal muasal pelaksanaan sholat gerhana pada jaman Rasulullah dan beliau menekankan dalam menghadapi fenomena alam gerhana matahari ini dengan melaksanakan sholat gerhana, memperbanyak do’a, memperbanyak istigfar dan memperbanyak bersedekah. Dan beliau juga mengharapkan agar jamaah sekalian untuk mendo’akan daerah NTB dan negara kita agar selalu tetap aman, tetak makmur dan dilindungi oleh Alloh SWT.

Sedangkan untuk petugas khotib  sholat gerhana dilaksanakan oleh Bapak TGH. Najamudin Sesele Lombok Barat. Pelaksanaan khotib ini juga sama seperti pelaksanaan pada khotib jum’at maupun sholat  idul fitri dan idul adha.

Dasan Agung,20160309 10:00 WITA (Alfuad Gapuki)

Sumber foto: humas NTB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar