Selasa, 08 Maret 2016

Mesin Pemipil Jagung Atau Perontok Jagung Menjadi Primadona Dalam Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG)



Coba-coba search di mbah google tentang “pemipil jagung pada lomba ttg” dan ternyata dari sabang sampai merauke alat pemipil jagung atau perontok jagung ini ada saja yang membuatnya dan ikut di lombakan dalam Teknologi Tepat Guna (TTG). Namun  anehnya alat yang sama dengan nama yang sama maupun yang disesuaikan dengan bahasa daerah pun bisa juga menjadi juara.


Di Aceh mesin pemipil jagung ini telah lama di ciptakan oleh seorang petani yang bernama Muhammad Nur Abdullah yang sekaligus ketua kelompot tani Harapan Jaya Desa Lam Ujong, Kemukiman Cot Murong,Kecamatan Sakti,  Pidie. Ia menciptakan mesin ini pada tahun 2006.

Disamping mesin Pemipil jagung atau perontok jagung  yang dibuat oleh masyarakat, mesin pemipil jagung ini juga sudah banyak di jual secara umum. Tinggal search atau cari di mbah google aja dan tunggu beberapa detik maka akan tampil toko online yang menjual mesin perontok jagung atau mesin pemimpil jagung.

Jreng….taknologi semakin canggi tapi masyarakat belum  maksimal memanfaatkannya dan orang yang jarang mengakses teknologi akan  mudah tertipu dan menganggap teknologi yang lama dan sudah umum dianggap teknologi terbarukan. Hehehe 1000x

Dasan Agung, 20160308  21:00 WITA WITA (Alfuad Gapuki)

 Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar