Rabu, 30 November 2016

Perayaan Rebo Bontong Masyarakat Dasan Agung Mataram

 

Mendekati Maulid Nabi Muhammad SAW biasanya masyarakat Sasak mengadakan suatu perayaan yang sudah turun temurun di lakukan yaitu Rebo Bontong. Rebo bontong ini dilaksanakan setiap hari Rebo terakhir bulan Saffar atau 2 pekan sebelum hari H maulid Nabi.
Antusias masyarakat Dasan Agung khususnya masyarakat di lingkungan Gapuk dan Pejeruk dalam menyambut Rebo bontong ini patut kita acungi jempol karena kedua lingkungan inilah yang berperan aktif menjaga tradisi turun temurun para leluhur yang ada di Dasan Agung.

sejak pagi hingga waktu maghrib tiba, masyarakat sudah mulai mendatangi lokasi di sekitar sungai jangkuk yang masuk pada wilayah Lingkungan Gapuk dan Pejeruk. di kedua area itulah biasanya dijadikan tempat berkumpul bersama keluarga maupun masyarakat sambil menikmati makanan yang dibawa maupun dengan membeli makanan yang dijula disekitar area Rebo bontong.

semoga acara rebo bontong ini tetap terpelihara walaupun tempat yang digunakan untuk merayakannya semakin mengecil dan yang ada tempat yang kosong sekarang ini hanyalah jalan baru yang dibuat oleh pemerintah. Wallohu a'lam

Dasan Agung, 20161130 15:30 WITA  (Alfuad Gapuki)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar