Senin, 15 Juni 2015

Air Terjun Benang Stokel Dan Benang Kelambu Yang Mempesona



Keindahan alam yang ada di pulau Lombok semakin hari semakin di kenal oleh masyarakat yang ada di pulau lombok maupun oleh turis lokal dan turis mancanegara. Salah satunya adalah keindahan air terjun Benang Stokel dan air terjun Benang Kelambu.


Satu langkah dua goyang, kata itu memang cocok disematkan pada Air terjun benang stokel dan benang kelambu karena kedua air terjun tersebut berada dalam satu area hutan yang terletak di Desa Teratak kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Bagaimana proses terjadinya Air Terjun Benang Stokel Dan Benang Kelambu yang mempesona itu sedikit kami kutip dari penjelasan yang terpampang pada papan di pintu masuk kedua air terjun tersebut yaitu :

Air Terjun Benang Stokel
Pada air terjun Benang Stokel terdapat 2 cucuran air yang mengalir pada gawir dengan ketinggian sekitar 30 meter. Pada dinging gawir tersingkap lava dan breksi yang terlihat berselingan. Kondisi ini menunjukkan bahwa batuan vulkanik tersebut berasal dari hasil letusan gunung api dengan periode letusan lebih dari satu kali. Bagian bawah gawir terlihat membentuk  rongga, mencirikan adanya proses erosi, sehingga diduga gawir yang terbentuk akibat lava yang terpotong. Dalam bahasa masyarakat setempat benang stokel berarti seikat benang.

Air terjun Benang Kelambu
Pada air terjun Benang Kelambu ini air keluar dari celah-celah batu pada dinding gawir membentuk 4 tingkatan air terjung dengan ketinggian sekitar 40 meter. Air yang keluar menyerupai tirai yang dalam bahasa masyarakat setempat disebut kelambu.

Air terjun Benang Kelambu ini berada sekitar 500 meter ke arah hulu dari lokasi air terjun Benang Stokel. Untuk menuju air terjun benang Kelambu dapat ditemput melalui jalan setapak sejauh 1 Km dengan waktu sekitar 30 menit. Kalau jalannya sambil santai apalagi sambil bercanda ria dengan teman bisa memakan waktu lebih lama lagi. Cara ini biasa dipergunakan oleh anak baru gede(ABG)  agar tidak cepat merasa lelah dalam perjalanan.

Mana yang lebih dulu kita singgahi apakah air terjun Benang Stokel atau air terjun Benang Kelambu?

lebih baiknya seh langsung aja menuju ke air terjun Benang Kelambu karena disana kita bisa menikmati langsung keindahan alam hutan disekitar perjalana dan keindahan dari air terjun Benang Kelambu yang sangat-sangat mempesona dan alami sekali yang tiada duanya di dunia.

Kalau belum pergi biasanya akan timbul pertanyaan, “masak seh tiada duanya di dunia?” pertanyaa seperti itu wajar terucap tapi kalau langsung menuju kelokasi air terjunnya dan melihat bagaiman mempesonanya keindahan air terjun Benang Kelambu itu, baru deh akan terjawab pertanyaan itu dengan sendirinya dan dengan sangat memuaskan.hehe

Untuk menuju ke Air Terjun Benang Stokel Dan Benang Kelambu ini bisa menggunakan sepeda motor maupun mobil. Jarak air terjun ini dari Kota Mataram sekitar 30 Km ke arah timur yang melewati pemandian Narmada kemudian desa Sedau sampai pertigaan desa Pancor Dao yang ada gapuranya.

Terus masuk mengikuti jalan desa yang sudah beraspal sampai ke pasar teratak. Dipertigaan pasar teratak itulah kemudian belok kiri dan tetap mengikuti jalan yang baru beraspal  hingga terlihat papan nama lokasi benang stokel.

Tiket masuk perorang Rp. 3.000,- termasuk parkir motor atau mobil(14/6/2015). Kalau malas jalan kaki menuju ke air terjun Benang Kelambu bisa menggunakan jasa ojek sekali jalan dengan bayaran Rp. 20.000,- perorang. Pengojeknya juga ada yang pria dan wanita tinggal pilih aja khusus bagi wanita tapi kalau pria mesti menggunakan pengojek pria juga dan jasa pemandu juga disiapkan oleh masyarakat setempat dengan seragam yang yang lengkap.

Tempat sholat berupa musholla juga disediakan dilokasi air terjun Benang Stokel atau kalau mau sholat berjamaah dengan rombongan bisa langsung menuju masjid kampung yang terletak sebelum masuk ke area parkiran air terjun.

Sepertinya lokasi kedua air terjun ini paling aman dan nyaman dibandingkan dengan ditempat yang lain yang penulis pernah kunjungi. Semoga keamanan dan kenyamanan lokasi Air Terjun Benang Stokel Dan Benang Kelambu ini tetap terjaga selama agar masyarakat dan turis yang datang bisa semakin banyak dan bisa mensejahterakan masyakarat sekitarnya. Aamiin

Dasan Agung, 20150615  15:30 (Alfuad Gapuki



hore....akhirnya sampai juga di benang stokel.


penjual dan pembeli bakso cilok menuju benang kelambu




pengunjung dari Kapek Gunungsari Lobar

Adi,Tubagus,Alfuad,ust.Fijin,Pikron,Ust.Wahid,H.badri,Hariro,Basir,kohir.
Pemandu plus pengaman pengujung


Air Terjun Benang Stokel





siswi smpn 2 praya

makan siang



uenak tenan....

Air Terjun Benang Kelambu

siswa/i smpn 2 praya lotim

di bawah air terjun benang kelambu

tangga menuju air terjun benang kelambu


jalan setapak menuju benang kelambu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar