Sabtu, 20 September 2014

Minimum System Minimalis Mikrokontroller Atmega8535 Menggunakan CD Bekas

 
Sebagai pendidik yang mengajar mata pelajaran Teknik Rekayasa Sistem Kontrol(TRSK) pada Jurusan Teknik Elektronika Industri(TEI)  di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Mataram(SMKN 3 MTR) sangat merasa tertantang untuk memotivasi siswa/I dalam menghasilkan sebuah karya namun  dengan melihat situasi keadaan keuangan siswa/I, maka hal ini menjadi suatu tantangan yang menantang untuk di carikan solusinya.
Apalagi pada pelajaran ini sangat banyak karya yang bisa dihasilkan untuk dibuat sendiri dalam kehidupan sehari-hari salah satu contohnyan membuat Jam Digital, Kaligrafi Elektronik, Running Text dan lain-lain.
Sebagai tahap awal sekaligus bukti nyata karya siswa dalam mata pelajaran ini, siswa dituntut untuk membuat sendiri Minimum System Atmega8535 dan mengenai bahan yang digunakan sebagai pengganti PCB penulis tekankan kepada siswa menggunakan barang-barang berbentuk plastik seperti nampan bekas, piring plastik bekas, CD bekas dan sebagainya.
Penggunaan barang bekas plastik dimaksudkan agar siswa trampil memasang komponen, menghubungkan komponen dan menyolder komponen sesuai dengan gambar rangkain yang telah diberikan. Dan sekaligus melatih siswa dalam menghasilkan sebuah karya dengan memanfaatkan barang bekas yang ada disekitar kita.
Inilah salah satu cara penulis melatih siswa/I jurusan TEI dalam membuat suatu karya yang sesuai dengan mata pelajaran yang mereka pelajari sekaligus mengkolaborasikan antara Seni dan Teknologi (ST). hehehe
Adapun langkah-langkah pembuatan Minimum System Atmega8535 adalah:
1.Berdo’a terlebih dahulu
2.gambar rangkaian dengan menggunakan software gambar bisa menggunakan Software Livewire, Proteus, Eagle dan lain-lain.
3.print pada kertas rangkaian yang telah dibuat tersebut
4.siapkan CD/DVD bekas kemudian gunting dan tempel gambar rangkaian pada permukaan CD/DVD menggunakan isoltip.
5.lakukan pengeboran pada titik-titik gambar rangkaian dengan menggunakan mata bor PCB ukuran 0,8mm.
6.pasang komponen yang telah disiapkan sesuai dengan gambar pada rangkaian minimum system secara bertahap kemudian menekuk kaki komponen agar tidak jatuh saat dibalik nanti.
7.solder kaki komponen secara perlahan biar terlihat rapi.
8.periksa sambungan kaki-kaki komponen secara teliti.
9.lakukan uji coba minimum system yang telah dibuat tersebut.
10.bila sudah berhasil, ucapkah Alhamdulillah sebagai tanda syukur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar