Kemaren, ke Jakarta... menjemput paket ini...dulu..
ceritanya begini..24 Juli 2009, saya dibawa atasan saya ke sebuah Persahaan,
Calon Costumer kami..mereka meminta utk mengembangkan system Electric Power
Assisted BiCycle, atau sistem Sepeda yg "Dibantu"dengan
Motor(electric motor) bertenaga listrik..
Permintaannya sangat berat..mendesain dan memproduksi
motor listrik (Brushless DC Motor) yg diharapkan mampu menyaingi dan
mengalahkan... produk lain yang sudah sejak 14 tahun sebelumnya mengembangkan system
ini..dan memiliki penguasaan pasar Sepeda Bantu Listrik di Jepang..yaitu 4
produsen, Panasonic, SanYo, Yamaha dan BridgeStone...
hampir keseluruhan pasar Sepeda Bantu Listrik Jepang
mereka kuasai...dan yang terbaik secara Teknologi dan marketing adalah Produk
Panasonic, yang akhirnya tahun itu juga MengAkuisisi sektor Sepeda Listriknya
Sanyo..sehingga semakin Menjadi Raja, Sepeda bantu listrik di Jepang .. bahkan
Dunia..
permintaan sederhana dan sangat masuk akal dari Konsumen,
Ciptakan Motor listrik yang secara Qualitas dan teknologi lebib baik,Secara
Cost lebih murah, dan jaminan Delivery yg pasti..dibandingkan Panasonic..Cerita
Gila... karna waktu yg diberikan hanya 1 Bulan, membuktikan lewat prototipe.tentu
saja perjuangan bersama kolega saya sangat tidaklah manis..
dan adalah hal yang sangat biasa di Jepang...
dan adalah hal yang sangat biasa di Jepang...
Singkat Cerita, inilah awal saya menemukan teknologi..
Cogging-less untuk Brushless DC Motor, sehingga secara Teknologi, kita bisa
jauh lebih baik dari produk Panasonic.namun cerita perubahan pasar tak semudah
itu..
sejak 2009..waktu berjalan dan berlalu begitu Cepat, dan
hari itu, "Orang Tua" itu kembali berucap,
"Rick, klo mobil listrik izinnya berat...Anda bisa bikin Becak Listrik?"
saya mengerti sekali maksud beliau...
jawab saya, "Becak listrik saya ga mau, Abah... ga mau.,
Tapi kalau Assisted , Becak yang dibantu Tenaga listrik saya mau.."
"loh, Kenapa? apa bedanya" sergap Abah...
jawab saya,
"Abah, Becak yg diJogja itu... indah dan terasa becaknya... karna dikayuh...itulah budaya becak, kalo dilistriki seperti mobil listrik... ga Becak lagi rasanya..apalagi diganti dengan Betor?, lebih mahal, lebib merusak, berbahaya dan ga kerasa becak..
"Rick, klo mobil listrik izinnya berat...Anda bisa bikin Becak Listrik?"
saya mengerti sekali maksud beliau...
jawab saya, "Becak listrik saya ga mau, Abah... ga mau.,
Tapi kalau Assisted , Becak yang dibantu Tenaga listrik saya mau.."
"loh, Kenapa? apa bedanya" sergap Abah...
jawab saya,
"Abah, Becak yg diJogja itu... indah dan terasa becaknya... karna dikayuh...itulah budaya becak, kalo dilistriki seperti mobil listrik... ga Becak lagi rasanya..apalagi diganti dengan Betor?, lebih mahal, lebib merusak, berbahaya dan ga kerasa becak..
saya hanya ingin agar, tukang becak tetap mendayung, namun
dibantu dan tidak berat, saat bawa 1 orang maupun dua orang, saat jalan mendaki
maupun jalan datar... tenaga tukang becak sama, namun Bantuan dayung dari
putaran motor listriknya lah yg ditambah.
dan itu ga boleh lebih dari 20km/jam..., ga bisa menikmati Jogja.. ga enak naik becak itu cepat..
waktu yg mengalun perlahan diatas becak itulah..keindahan yang sebenarnya.."jelas saya panjang..
"good, good, saya setuju.. segera bikin..." kejar abah tak sabar...(abah selalu pingi. segera.. saya mengerti sekali) namun dinegri ini tak mudah juga saya mengerti sekali..
tentu saja, beberapa bulan yang lalu, politisi jogja, anaknya Pak Amie Rais, bersama teamnya...
mengenalkan "becak listrik", hasil pengembangan praktisi Jogja...tak Apa, usaha yang sangat bagus... tapi pilihan saya tak berubah...pada Becak Dibantu Tenaga listrik, bukan full...
dan itu ga boleh lebih dari 20km/jam..., ga bisa menikmati Jogja.. ga enak naik becak itu cepat..
waktu yg mengalun perlahan diatas becak itulah..keindahan yang sebenarnya.."jelas saya panjang..
"good, good, saya setuju.. segera bikin..." kejar abah tak sabar...(abah selalu pingi. segera.. saya mengerti sekali) namun dinegri ini tak mudah juga saya mengerti sekali..
tentu saja, beberapa bulan yang lalu, politisi jogja, anaknya Pak Amie Rais, bersama teamnya...
mengenalkan "becak listrik", hasil pengembangan praktisi Jogja...tak Apa, usaha yang sangat bagus... tapi pilihan saya tak berubah...pada Becak Dibantu Tenaga listrik, bukan full...
saya segera memesan prototype mesinnya pada kolega saya
di Jepang, iyaaa, benar... saat ini masih buatan Jepang...tapi saya yang
merancang serta mendesainkannya kok..insyaAllaah jika berhasil nanti, kita
bikin dengan full buatan Indonesia.
3 hari yg lalu saya beli Becak bekas di Tasikmalaya, pak
Agus langsung nyariin truk tuk bawa ke Ciheras..sudah sampai...kemaren saya
bawa paket prototipe mesin dari Jakarta setelah dengan berbagai masalah utk
memasukkan barang ini ke Indonesia..tak apa..
di foto ini, komponennya
1.Motor Listrik, utk dipasang ke Velg, disertai Roda gigi, dan didalamnya
udah dengan Planetary Gear System, tentu saja dari Plastic yg sudah diteliti
performanya 5tahun ini melalui produk sepeda bantu listrik kaami di jepang.
2. Pedal dengan Sensor torsi, yang membaca besar tenaga dayung,
lalu menginformasikan ke controller untuk memberikan Assist(bantuan) yang sesuai.
3. Controller... untuk mengatur putaran motor dengan assist yg diinginkan serta,
mengeca batrai ketika mengerem atau turunan(regenerative sistem)
4.battery, lithium, saat ini untuk percobaan, nanti mau pakai batrai yg cocok dan murah buatan Nipress.
5. panel control untum operator di tangan kanan..
6. kabel2 yg dilerlukan..
masih butuh beberapa hari utk mewujudkannya...
dan butuh banyak anak muda kreatif.... yag mau meneliti ini...
ayooooooo datang bantuin dong.... anak muda...
dari pada sibuk meributkan copras capres.. atau kuda kudaan atau dosa dosaan...
hihihihi
1.Motor Listrik, utk dipasang ke Velg, disertai Roda gigi, dan didalamnya
udah dengan Planetary Gear System, tentu saja dari Plastic yg sudah diteliti
performanya 5tahun ini melalui produk sepeda bantu listrik kaami di jepang.
2. Pedal dengan Sensor torsi, yang membaca besar tenaga dayung,
lalu menginformasikan ke controller untuk memberikan Assist(bantuan) yang sesuai.
3. Controller... untuk mengatur putaran motor dengan assist yg diinginkan serta,
mengeca batrai ketika mengerem atau turunan(regenerative sistem)
4.battery, lithium, saat ini untuk percobaan, nanti mau pakai batrai yg cocok dan murah buatan Nipress.
5. panel control untum operator di tangan kanan..
6. kabel2 yg dilerlukan..
masih butuh beberapa hari utk mewujudkannya...
dan butuh banyak anak muda kreatif.... yag mau meneliti ini...
ayooooooo datang bantuin dong.... anak muda...
dari pada sibuk meributkan copras capres.. atau kuda kudaan atau dosa dosaan...
hihihihi
cerita ciheras...kali ini...
hihihi..cerita mewujudkan Becak diBantu Listrik...
hihihi..cerita mewujudkan Becak diBantu Listrik...
jangan tanya detail disini yaaa...
yang pengen tahu detail.. datang kesini...
saya kasih tahu semua... klo kuat nampung hihihihi
yang pengen tahu detail.. datang kesini...
saya kasih tahu semua... klo kuat nampung hihihihi
20140504
ricky elson
081313079250
ricky elson
081313079250
begitu banyak ladang berkarya dinegri ini...
jangan berputus asa...
apalagi mengira saya putus asa hahahaha
jangan berputus asa...
apalagi mengira saya putus asa hahahaha
Ahad, 04 Mei 2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar