Senin, 14 April 2014

Pacuan Kuda Kusir Cidomo Di Pantai Kongok Mataram


Bagi masyarakat kota Mataram dan Lombok Barat pasti telah hapal lokasi pantai Kongok, pantai ini terletak di ujung sebelah barat sungai Meninting dan perbatasan antara Kota Mataram dan Lombok Barat bagian Utara. Dengan pantainya yang luas terbentang berbentuk padang pasir dari utara hingga selatan, sangat cocok untuk berbagai aktivitas masyarakat mulai dari kegiatan kumpul keluarga hinggadi jadikan tempat perjudian pacuan kuda bagi kusir cidomo.


Tiap sore pantai kongok ini ramai dikunjungi oleh masyarakat terutama pada hari hari Ahad dan Jum’at. Kalau hari Ahad biasanya dikunjungi oleh masyarakat dengan mengajak sanak keluarganya sambil menikmati pemandangan laut dan mandi bareng di sungai meninting. Nah untuk hari Jum’at ini akan ramai lagi dikunjungi terutama oleh kaum pria dan para kusir cidomo atau fans pacuan kuda yang akan ikut bertaruh atau berjudi.

jokinya pada pacuan kuda ini biasanya dilakukan oleh anak-anak yang masih sekolah dasar atau SMP yang tanpa ada alat pengaman yang dipakai. Tak ada peraturan baku yang digunakan dalam lomba ini seperti yang ada pada peraturan-peraturan pacuan kuda pada umumnya, peraturan yang dipakai adalah kuda yang duluan sampai finish itulah yang menang.

Untuk taruhannya mulai dari Rp. 5.000 sampai Rp.500.000. yang kelas 5.000 sampai 10.000-an biasanya dilakukan oleh anak-kecil yang masih sekolah dasar hingga SMP sedangkan yang diatas 10.000 hingga 500.000 dilakukan oleh pelajar SMA hingga kusir cidomo dan masyarakat lainnya.

Apakah perjudian pacuan kuda yang melibatkan pelajar ini di biarkan oleh pemerintah Kota Mataram? Wallohu a’lam, saya yakin pemerintah Kota Mataram tahu Cuma akan terlambat bertindak seperti pihak polisi yang di film-film India. Semoga aja praduga tak bersalah ini benar salah dan pemerintah Kota Mataram cepat bertindak.(Alfuad Gapuki)    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar