Jumat, 14 Februari 2014

Karya Siswa: Membuat Downloader USB ASP

 
Tak akan sama nilainya barang yang dibeli dengan barang yang dibuat sendiri apalagi kalau yang membuatnya itu siswa/I kita sendiri. Prinsip seperti itulah yang coba ditanamkan kepada siswa/i Teknik Elektronika Industri(TEI) SMKN 3 Mataram agar bisa kreatif menghasilkan sebuah karya teknologi.

Dalam tahap awal pembuatan karya siswa untuk mendukung pembelajaran mikrokontroller pada jurusan TEI ini,  Guru mata pelajaran mencoba mengarahkan siswa untuk membuat sendiri sebuah downloader USB ASP secara mandiri agar siswa/I tahu dan paham proses dari pembuatan Downloader tersebut.

Adapun langkah pembuatannya sebagai berikut:
a.alat yang digunakan
1.bor DC + mata bor PCB ukuran 0.8mm
2.penjepit
3.seterika
4.printer laser jet
5.laptop

b.bahan yang digunakan
1.soft Eagle buat gambar jalur PCB
2.PCB polos
3.pelarut PCB(FeCl)
4.kertas mika
5.mikrokontroller ATmega8 + Socket
6.kapasitor  22pF = 2
7.kapasitor 100nF =1
8.Elco 4,7  uF = 1
9.Led 3mm =3
10.Resistor 68 Ohm(2) +1 K(3) + 2k2 + 10K +

c.langkah-langkap pembuatan
1.gambar rangkaian dan jalur PCB pada laptop/komputer menggunakan software gambar rangkain seperti software Livewire, eagle dan lain-lain menurut kesukaan masing-masing.
2.print atau fotocopy jalur PCB yang telah dibuat pada kertas transparan.
3.bersihkan PCB polos menggunakan air biasa atau air panas
4.keringkan pcb yang telah dibersihkan menggunakan kain lap
5.tempelkan kertas transparan yang ada jalur pcbnya itu pada permukaan PCB kemudian lapisi dengan kertas biasa pada atas kertas transparan tersebut.
6.seterikan kertas yang diatas kertas transparan tersebut menggunakan seterika dengan suhu rendah lalu gosok secara perlahan sampai tinta pada kertas transparan menempel rata pada PCB.
7.priksa hasil seterika secara teliti lalu amati apakah jalurnya sudah menempel sempurna atau  ada gari yang keputus. Bila ada yang puturs maka sambung jalur tersebut menggunakan spidol hitam  permanent.
8.larutkan  PCB yang telah selesai dibuat tersebut kelam nampan pelastik yang telah dibeikan bahal pelarut PCB atau FeCl3 hingga tembaga yang tidak terkena tinta  menghilang.
9.bersihkan sisa tinta pada jalur PCB menggunakan  THINNER
10.bor PCB yang sudah dilarutkan
11.lapisi PCB yang sudah di bor menggunakan  campuran ARPUS dan THINNER agar PCB tidak mudah karatan dan tetap mengkilap.
12.pasang komponen pada PCB sesuai gambar rangkainnya kemudian solder hingga kuat.
13.potong kaki komponen menggunakan tang potong atau pemotong kuku.
14.uji coba downloader menggunakan software PROGISP hingga berhasil.
15.kalau gagal periksa kembali komponen dan jalur PCB dan kalau sudah berhasil ucapkan ALHAMDUU….LILLAAH. (Alfuad Gapuki)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar