Senin, 04 November 2013

Gebyar SMK 2013 Kota Mataram dan Bangkitnya Kreatifitas Berkarya Siswa dan Guru


Acara gebyar SMK  kali ini diwarnai dengan tarik ulur penentuan hari pelaksanaan acara tersebut. Semula kegiatan gebyar SMK tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal 28 oktober kemudian di undur menjadi tanggal 7 November dan tiba-tiba dimajukan lagi menjadi tanggal 1 November. Entah apa alasannya acara gebyar SMK se-kota Mataram ini tidak bisa tepat waktu sesuai  jadawal mungkin belum ada bisikan dari bunda putri kale.:)


Ketidak tepatan acara gebyar SMK  ini berpengaruh sekali bagi setiap sekolah untuk menyiapkan apa yang akan dipamerkan. Bagi SMK yang tidak memamerkan hasil karya siswa/I nya memang begitu besar pengaruhnya karena tinggal mengeluarkan barang yang sudah dibeli sebelumnya tapi bagi SMK yang menonjolkan karya asli siswa/I bisa besar pengaruhnya. Hal ini dirasakan sekali oleh SMKN 3 Mataram sendiri.

Bagi SMKN 3 Mataram  sendiri yang  80% memamerkan hasil karya Sendiri buatan siswa/I dan Guru merasakan dampak yang sangat besar sekali karena dengan ketidak tepatan waktu gebyar SMK menjadikan barang yang akan dipamerkan menjadi tidak maksimal sesuai dengan yang diharapkan. Dan malah ada barang yang akan dipamerkan di rakit dan disetting  langsung di tempat pameran sehingga menyebabkan pada saat  acara terasa kurang maksimal.

Apalagi pada saat Walikota dan Wakil Walikota Mataram Bapak TGH. Ahyar Abduh dan Bapak H. Mohan Roliskana, SH.  Mengunjungi Stand SMKN 3 Mataram  dan melihat langsung  atraksi Robot Amphibi, Robot Selam dan Robot Line Follower,  pada saat itu terjadi kesalahan yang cukup vital dikarenakan lengan robot Amphibi tidak cukup kuat mengangkat beban hal ini wajar terjadi karena pada hari pembukaan itulah robot amphibi itu dikeluarkan dari kandangnya dan tidak pernah diservis setelah di otak atik oleh siswa beberapa bulan yang lalu. Demikian juga yang terjadi pada robot selam itu, setelah dalam percobaan beberapa bulan yang lalu berhasil melakukan aktraksi  di dalam air, robot selam itu tidak pernah di servis lagi sehingga begitu hari H mau dibawa, guru dari Teknik Elektronika Industri (REI) mengalami kesulitan untuk mensetting penyeimbang kapal selam tersebut. Dan akibatnya bisa ditebak sendiri, kapal selam itu tidak bisa seimbang seperti waktu pertama kali di uji coba.

Karya asli siswa/I SMKN 3 Mataram dari jurusan lain juga tampak dominan pada pameran kali ini dan di harapkan untuk tahun depan  SMKN 3 Mataram bisa memamerkan 100% hasil karya asli siswa/I bukan hasil karya dari membeli . mudah-mudahan hal ini bisa menjadi renungan buat kepala sekolah dan guru  SMKN 3 Mataram agar bisa menyiapkan dari sekarang segala sesuatu yang bisa mendukung terciptanya karya asli siswa/I dan guru. Dan jangan sampai SMKN 3 Mataram tertinggal jauh dari SMK lain dalam hal mengeluarkan produk asli buatan sendiri karena penulis sendiri mendengar langsung penuturan dari guru SMK lain yang tahun depan akan siap memamerkan Robot ciptaannya sendiri yang lebih bagus dan lebih canggih.

Semoga dengan berakhirnya acara pameran gebyar SMK 2013 ini semakin membawa perubahan bagi guru dan siswa/I SMKN 3 Mataram untuk terus berkarya dan berinovasi menghasilkan produk-produk yang belum ada di Nusa Tenggara Barat. Aamiin.  (Alfuad Gapuki)

Walikota Mataram, TGH. Ahyar Abduh
MoU Kepsek SMK se-Kota Mataram

   
 
 
 
 
 
 
 
  


















 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar