Sabtu, 06 Juli 2013

ROBOTIK SMEKTI MTR,PELATIHAN DASAR ROBOTIK DI MTS. BILEBANTE LOMBOK TENGAH


Hari kamis(04/07/2013) kemarin, team Robotik Smekti Mataram mengadakan pelatihan  dasar tentang Robotik di MTs. Bilebante Loteng. Kegiatan pelatihan ini bukan atas kehendak dari Robotik Smekti Mataram sendiri tapi  atas permintaan dari pihak MTs. Bilebante Loteng.



MTs. Bilebante Loteng ini terletak di perbatasan antar Lombok Barat dan Lombok Tengah atau tepatnya di sebelah timur Kediri Lobar.  walaupun terletak jauh dari Kota  Mataram namun dalam masalah penguasaan teknologi tidak kalah dengan sekolah yang ada di Kota  Mataram, hal ini di buktikan dengan mendatangkan team Robotik Smekti Mataram untuk membagikan ilmu tentang Robotik kepada anak didik  kelas 8 dan 9.

Antusias para siswa/I ini  terlihat pada saat pembuatan Driver Robot yang langsung di praktikkan. Memang pada tahap dasar ini siswa/I diperkenalkan dulu dasar dari robot berupa alat dan bahan yang digunakan  terutama komponen elektronika, setelah itu baru rangkain driver motor, cara pemasangan komponen dan penyolderannya.

Pada saat praktek pembuatan driver motor, siswa/I di bagi menjadi 6 kelompok dan setiap kelompok membuat masing-masing 1 driver motor. Walaupun pengerjaannya menggunakan system keroyokan namun hasil yang didapat sangat memuaskan. Dari 6 kelompok itu, setelah dilakukan uji coba driver yang dibuat ternyata ada 3 kelompok yang hasilnya bisa dibilang sangat memuaskan sedangkan sisanya kurang memuaskan karena banyak kesalahan dalam hal pemasangan komponen Transistor dan penyolderan. Karena waktunya pengerjaannya pendek maka tidak cukup untuk dilakukan perbaikan driver motor tersebut.

Harapan dari pihak MTs. Bilebante Loteng kepada Robotik Smekti Mataram  sangat besar sekali agar kegiatan pelatihan dasar Robotik ini bisa di lanjutkan hingga siswa/I bisa berhasil membuat robot seperti yang dibuat oleh Robotik Smekti Mataram.

Melihat semangat ingin tahu dari MTs. Bilebante Loteng ini membuat Pembina Robotik Smekti Mataram berpikir sejenak dalam hati  dan berucap:“siswa/I sekolah dari Lombok Tengah aja begitu antusias untuk mempelajari tentang dunia robotic masak sih siswa/I di Kota Mataram tidak antusias mempelajari tentang dunia robotic?.”

Ayo… siswa/I Kota Mataram khususnya dan NTB pada umumnya kita mulai mempelajari dunia robotic agar kita bias bersaing dengan siswa/I yang ada di pulau Jawa. Kita bias asal ada usaha dan semangat untuk maju dan  berkarya. Good luck. (Alfuad Gapuki) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar