Minggu, 10 Maret 2013

PANTAI KONGO’, INDAHNYA PANTAI PERBATASAN


Kota Mataram walaupun memiliki sedikit luas pantai tapi bisa dibilang pantainya tersebut mempunyai keindahan yang tidak kalah bagusnya dengan  pantai yang ada di tempat lain. Salah satunya adalah pantai Kongo’.

Pantai ini terletak di sebelah barat desa meninting atau perbatasan  ujung Utara Kota Mataram dengan Kabupaten Lombok Barat.  Pantai ini berdekatan dengan Makam Bintaro Ampenan dengan Jarak sekitar  50 m ke utara.

Salah satu kelebihan dari  pantai Kongo’ ini adalah lebarnya luas dataran pinggir pantai yang berisi pasir yang cukup bersih yang terbentang dari utara hingga selatan. Dan sangat cocok sebagai tempat latihan pencak silat maupun yang lainnya.

Di timur pantainya masih bisa di temukan jejeran pohon kelapa  yang terbentang dan sawah milik masyarakat. Bila musim tanam padi sudah mulai maka akan terlihat hamparan daun padi laksana lapangan hijau sepak bola, apalagi bila musim panen tiba maka akan menambah daya eksotis pantai Kongo’ dengan kicauan burungnya.

Di sebelah utaranya ada pertemuan antara air sungai meninting dengan air laut dan sekaligus sebagai pembatas wilayah pantai  Kota Mataram  dengan Kabupaten Lombok Barat. Bila air laut sedang surut, di pertemuan air sungai dengan air laut ini akan menjadi tempat hiburan bagi anak-anak kecil maupun remaja untuk mandi bersama di pinggir sungai tersebut. Berbagai macam permainan  anak-anak kecil akan kita temui mulai dari loncat ke sungai, membuat rumah-rumahan, menggali lubang di pinggir pantai dan lain sebagainya.

Biasanya bila hari libur datang, pantai ini akan ramai di kunjungi tiap pagi atau sore hari oleh masyarakat baik dari Kota Mataram maupun dari kabupaten Lombok Barat. Selain dari hari libur, pantai ini akan terlihat sepi seperti pantai yang lainnya.

Saat ini akses  masuk menuju pantai baru dibangun pintu gerbang atau gapura dan tidak menutup kemungkinan akan dibangun hotel di pinggir pantai tersebut. Dan bila hotel ini nanti jadi akan dibangun maka akses masyarakat yang akan menuju ke pantai Kongo’ ini akan tertutup juga. Kita berharap kepada pemerintah Kota Mataram agar memikirkan hal ini dan  Mudah-mudahan pantai masyarakat ini akan tetap bisa dinikmati selamanya. Aamiin. (Alfuad Gapuki)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar