Selasa, 06 Agustus 2019

Serbat dan Kopi Hitam Minuman Rutin Jamaah Tadarusan At Takrim Gapuk

Rasanya kurang afdol kalau kita berkumpul apalagi berkumpulnya sambil membaca Al Qur'an,  belajar tahsin Elektronika dan tahsin Al Qur'an di masjid At Takrim Gapuk tanpa ada minuman dan makanan ringan yang ada dihadapan kita. Karena minuman dan makanan ringan itu sangat membantu para jamaah agar tetap terjaga dan lebih bersemangat bertadarus.


Untuk minuman sendiri, sejak mulai dilaksanakannya kegiatan tadarus yang hampir setahun yang lalu atau tepatnya saat gempa besar pada hari kamis (9/8/2019) melanda Lombok, minuman Kopi hitam ini selalu ada mendampingi para jamaah. Kopi hitam ini dikenal oleh para jamaah dengan kopi inaq cah atau kopi inaq hapsah. dan saat ini kopi inaq cah diwariskan kepada anak perempuannya yang bernama inaq Rus.

Kopi hitam ini punya ciri khas tersendiri dan mengenai rasa sungguh sangat nikmat plus harganya bersahabat dengan kantong kita.  Air yang dipakai langsung air yang dimasak pada saat itu bukan air yang dituangkan dari termos. lokasi tempat penjual kopi hitam ini pas disebelah timur masjid At Takrim Gapuk.  Kalau ingin mencobanya silahkan datang sendiri dan kalau bertanya nanti jangan sama mbah google karena mbah google juga ga tahu lokasi kopi hitam Gapuk  ini. hehe

Mengenai minuman serbat ini, baru-baru disajikan sekitar bulan April sebelum puasa Ramadhan 1440 H dan kini minuman serbat yang berbahan Jahe dan Gula merah  ini rutin disajikan setiap malam mendampingi para jamaah Tadarusan Al Quran (kalau ada donatur yang menyumbang Jahe dan Gula merah) .  Untuk pembuatan minuman serbat pelega tenggorokan dan penghangat tubuh ini dibuat langsung oleh tangan dingin ibu anik atau jamaah menyebutnya Qinha Let.

Ibu Qinha Let ini juga punya tugas khusus dalam jamaah Tadarusan,  beliau di amanahkan sebagai bagian konsumsi penyedia makan dan minuman para jamaah.  Kalau saat khotaman Al Qur'an maka beliaulah yang ditugaskan untuk memasak menu makan buat khotaman. Dan mengenai rasa masakannya sungguh sangat memuaskan para jamaah. Jangankan memasak yang berdaging,  memasak makanan berupa Kerupuk Tempe Pindang Lindeng Urap-urap (KTP LINDUR) saja bikin selera makan para jamaah semakin bertambah kalau pas syukuran khotaman Al Qur'an.
Demikian sekilas info tentang minuman khas saat Tadarusan Al Qur'an di Masjid At Takrim Gapuk Dasan Agung Mataram dan semoga para pembuat minuman ini diberikan balasan oleh Alloh SWT dengan balasan yang terbaik.  Aamiin.  Walloohua'lam bissawaab
Gapuk Dasan Agung, 06082019   06.48 WITA by: AlFuad Gapuki

bu Qinha Let

Tidak ada komentar:

Posting Komentar