Minggu, 11 Maret 2018

Air Terjun Temburun Tereng Bukit Tinggi Penimbung Lobar

Rasa penasaran dalam diri kita bisa menambah energi  kita semakin berlipat ganda untuk mencari dan membuka tabir rahasia untuk dipecahkan. Demikian halnya dengan keberadaan Air Terjun Temburun Tereng Bukit Tinggi Penimbung Mekarsari Lombok Barat  ini, bikin team Gapuk Bicycle penasaran untuk mengunjungi pada hari Ahad(11/3/2018).

Bisa dikatakan Air Terjun Temburun Tereng ini berbeda dengan air terjun yang lain yang penulis pernah kunjungi bersama team,  bedanya walaupun air terjunnya sedikit karena pengaruh musim kering namun daya tarik dari air yang jatuh itu masih tetap menarik masyarakat untuk mengunjunginya dan bisa mandi dibawah air terjun yang membentuk sebuah kolam alami.

Untuk sampai ke air terjun ini bisa menggunakan sepeda motor maupun sepeda gunung/MTB. Dan akses jalannya juga sudah beraspal walaupun banyak tanjakannya namun bagi para goweser justru akan menjadi tantangan tersendiri yang sangat menantang untuk ditaklukkan. Jalan beraspal ini cuma sampai di bibir lembah lokasi Air Terjun Temburun Tereng dan selanjutnya jalannya masih bertanah seperti jalan masuk hutan.

Agar bisa sampai ke lokasi bila dari Mataram ke utara melewati Islamic Center NTB hingga ke bundaran Rembiga lalu belok kanan hingga perempatan Sayang-Sayang lalu belok kiri lurus hingga ke pasar Ilir Penimbung. Dari Pasar Penimbung belok kanan ke arah timur hingga tikungan belok kiri. Dari tikungan inilah sensasi tanjakan akan dimulai hingga sampai ke pasar bukit tinggi. di pasar ini kemudian naik sekitar 20 meter hingga batas Akhir jalan beraspal lalu menurun hingga sampai ke parkiran Air Terjun Temburun Tereng. dari parkiran lalu turun hingga pertigaan jalan kemudian ambil jalan ngiri hingga ke air terjun Temburun Tereng.

Demikian kisah menantang menuju ke Air Terjun Temburun Tereng ini yang rutenya membuat kita lebih banyak bertakbir dan pada akhirnya akan terucap Alhamdulillah dan semangat muda kembali bergairah bila sudah sampai ke lokasi ini. Walloohua'lam bissawaab.

Gapuk Dasan Agung, 20180311 18.14 WITA  by: AlFuad Gapuki

dari atas pakiran belok kanan

pada pertigaan ini belok kiri